Polres Tanggamus Siapkan 4 Posyandu

Istimewa

KOTAAGUNG- Dalam rangka menciptakan keamanan dan kenyamanan para pengguna kendaraan yang ingin melakukan perjalan mudik ke kampung halaman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, jajaran Polres Tanggamus menyiapkan sejumlah pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang disebar di empat titik wilayah hukum Polres setempat.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili mengatakan, untuk tahun 2017 ini sudah disiapkan empat pos pelayanan terpadu, yakni di Kabupaten Pringsewu satu posyandu, dan tiga pos lagi di Kabupaten Tanggamus, yakni di Kecamatan Talangpadang yakni diperempatan pasar, di Pekon Talagening, Kotaagung Barat dan di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka.

“Jumlah posyandu mungkin masih bisa ditambah, ya kita lihat perkembangan dilapangan. Jika memang dirasa masih kurang akan kita tambah. Dan memang pos ini disediakan setiap setahun sekali jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri. Agar para pemudik yang ingin beristirahat karena kelelahan, bisa mampir sejenak di pos yang telah disediakan,” terang Kapolres.

Baca Juga:  HUT ke-74 TNI, Polres Tanggamus Sambangi Makodim 0424

Adapun anggota yang berjaga di Posyandu ini bukan hanya dari anggota kepolisian saja. Melainkan, pihak Polres berkoordinasi pada pihak terkait. Nantinya akan ada petugas dari Pemda Tanggamus dan Pringsewu, dalam hal ini Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan anggota TNI, Ormas bahkan anggota Pramuka juga ikut membantu di pos pemudik.

Baca Juga:  Polres Tanggamus Hadiri Pelantikan PPK

“Anggota yang kita siapkan sebanyak 116, gabungan dari beberapa instansi. Dan pos mulai beroperasi mulai hari ini (Senin, 19/6) hingga 4 Juli 2017 mendatang. Anggota akan berjaga selama 24 jam di pos tersebut dengan sistem shift. Jadi nanti anggota kita disebar di Posyandu. Pos juga merangkap sebagai rest area, dimana akan disediakan tempat sholat dan toilet,” jelasnya.

Untuk Posyandu yang berada di daerah cukup rawan, lanjut Kapolres, anggota kepolisian yang bertugas akan ditempatkan lebih banyak dari pos lainnya. Dan disiapkan juga anggota khusus diluar dari posko yang akan melaksanakan patroli-patroli. Untuk Tanggamus yang paling di anggap rawan adalah wilayah barat Bumi Begawi Jejama. Bukan hanya itu saja, bagi para pemudik yang merasa takut untuk mudik ke kampung halaman lantaran harus melintasi jalur rawan dan butuh pengawalan dari anggota, akan disiapkan.

Baca Juga:  Perselisihan Polisi dan Wartawan di Tanggamus Berakhir Damai

“Semua ini kita ciptakan untuk memberikan rasa keamanan kepada para pemudik, jadi biar bisa sampai ke kampung halaman bertemu keluarga tercinta yang selama satu tahun lamanya tidak bertemu. Untuk masalah lalulintas kita juga sudah antisipasi melalui bagian lalulintas. Kita juga bentuk tim gabungan polres dan polsek dalam mengatasi daerah kerawanan, karenakan setiap polsek memiliki daerah rawan. Jadi ya semaksimal mungkin kita lakukan,” pungkasnya. (SB/CD)

Polres Tanggamus

Posting Terkait