Polsek Tumijajar Sidak Pasar Dayamurni

Foto: Ist

PANARAGAN – Dalam rangka mengantisipasi peredaran makanan dan minuman yang membahayakan konsumen pada bulan Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Jajaran Polsek Tumijajar memantau peredaran makanan dan minuman di Pasar Dayamurni, Kecamatan Tumijajar dan swalayan mini sekitarnya, Jumat (17/5).

Kapolsek Tumijajar AKP Dulhafid, mendampinggi Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH mengatakan, kegiatan sidak tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengecek tanggal kadaluarsa barang-barang yang dijual di Pasar Dayamurni dan swalayan mini diwilayah hukum Polsek Tumijajar.

Apalagi seperti sekarang banyak bermunculan pedagang makanan menjelang Lebaran. Disamping itu kebutuhan warga semakin meningkat.

Kegiatan yang kami lakukan ini berupa pemeriksaan label makanan dan mengecek makanan dan minuman yang dijual pedagang di Pasar Dayamurni dan mini market seperti Indomart dan Alfamart.

Baca Juga:  Anggota DPRD Tubaba Apresiasi Polsek Tumijajar

“Ini kegiatan dalam rangka mengantisipasi peredaran makanan kadaluarsa jelang lebaran, dan kami himbau agar para pedagang tidak menjual barang yang sudah kadaluarsa,”ujarnya.

Menurut Kapolsek Dari kegiatan sidak yang kami lakukan kali ini, walaupun secara spesifik belum ada temuan pihaknya menghimbau kepada pedagang agar tidak menjual makanan dan minuman yang kadaluarsa dan mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan konsumen.

Dia juga menghimbau masyarakat agar hati-hati dalam membeli barang konsumsi. Tolong jangan lupa di liat dan di cek tangal kadaluarsanya.

Kapolsek berharap semua pedagang dan pembeli agar cerdas dalam penyikapi barang konsumsi khususnya makanan dan minuman.

Baca Juga:  H+6 Lebaran, Polsek Tumijajar Giat Patroli

“Kami berharap semua pedagang dan pembeli cerdas menyikapi barang konsumsi demi keselamatan jiwa masing-masing dalam mengkonsumsi makanan,”ungkapnya.

Kegiatan ini, akan terus kami lakukan bersama-sama dengan Uspika Kecamatan Tumijajar dan Puskesmas Dayamurni selama bulan ramadhan, agar tidak ada penjual makanan dan minuman yang mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan konsumen dan kadaluarsa yang mereka jual di pasar atau toko.

Sementara Camat Tumijajar Rasyid, SE meminta kepada masyarakat agar selektif dalam membeli makanan dan minuman jangan sampai mengkonsumsi barang yang sudah kadaluarsa.

“Ini kan  bulan puasa menjelang lebaran biasanya banyak penjual makanan dadakan termasuk ada produk yang sudah kadaluarsa atau sudah lewat masa berlakunya namun masih dipajang. Jika ini ada kami meminta kepada toko penyedia makanan dan minuman dapat menarik produk tersebut.

Baca Juga:  Polsek Tumijajar Aktifkan Razia Preman

Rasyid berharap khususnya kepada pedagang harus menjual makanan yang tidak kadaluarsa, dan yang sudah basi, demi keamanan dan kesehatan konsumen. ‘Anak-anak itu biasanya tidak tahu mana yang sudah kadaluarsa atau belum mereka langsung ambil saja, ini sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Kegiatan dipimpin Kapolsek Tumijajar AKP Dulhafid beserta jajarannya, dengan melibatkan angota Camat Tumijajar Rasyid, SE, pihak kesehatan Poned Dayamurni, Yulisir M.Noor, SE, SKM, M.Kes, Sidik anggota Koramil, Hefni SE dari Satpol PP. (RZ)

Pasar Dayamurni Polsek Tumijajar

Posting Terkait