Ponirin Rekayasa Tender Dituntut 22 Bulan Penjara

Ilustrasi Sidang. (Ist)

Perkara kasus tindak pidana korupsi  pengadaan kapal penumpang, pada dinas perhubungan Pesawaran, kembali digelar. Kali ini pengadilan menyidangkan terdakwa ponirin dengan agenda tuntutan jaksa.

Sidang terkait kasus tindak pidana korupsi pengadaan kapal penumpang kembali bergulir, sidang kali ini menyeret  ponirin untuk duduk di kursi pesakitan pada ruang Sari, Pengadilan Negeri Tipikor Kelas 1a Tanjung Karang, Bandar lampung, untuk mendengarkan tuntutan dari jaksa.

Ponirin yang saat itu menjadi panitia penerima hasil pekerjaan, telah menyalahgunakan jabatannya, dengan bersama – sama dan bekerjasama dengan terdakwa lainnya, melakukan tindak pidana korupsi yang telah merugikan keuangan Negara, sebesar 341 juta lebih.

Sekretaris dinas perhubungan kabupaten Pesawaran ini, dituntut oleh jaksa dengan tuntutan 1 tahun 10 bulan kurungan penjara, dengan denda 50 juta rupiah, dengan subsidair penjara selama 6 bulan.

Perusahaan yang memenangkan pengerjaan proyek kapal ini, jelas telah diatur sedemikian rupa, sebab setelah diaudit, CV RR Jaya tidak memenuhi criteria, tak punya tenaga ahli dan pengalaman, serta tidak memiliki peralatan, namun dari 8 perusahaan yang mengikuti lelang, CV RR Jaya lah yang memenangkan lelang proyek pengadaan kapal ini. (*)

pengadaan kapal penumpang Ponirin

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan