Porprov Ajang Seleksi Atlet Berprestasi

BANDARLAMPUNG—Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung menghasilkan dan menetapkan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII 2017 akan digelar pada minggu keempat November hingga awal Desember mendatang.
Demikian rekomendasi dari seluruh peserta RAT KONI yang dilaksanakan di Mahan Agung selama dua hari, 22-23 Mei 2017.

“Hasil kesepakatan semua peserta RAT bahwasanya pelaksanaan Porprov VIII akan digelar pada minggu keempat November sampai awal Desember 2017. Ini merupakan rekomendasi dari hasil RAT KONI Lampung,” kata Humas KONI Lampung, Rusidi, melalui telepon, Selasa (23/5).

Ia menjelaskan nantinya ada 18 cabor yang akan dipertandingkan. Selain itu, juga ada penambahan sejumlah cabor yang telah diusulkan untuk dihelat di Porprov seperti panahan, senam, balap motor, anggar, wushu, futsal, dan gulat. “Ada juga usulan untuk pertandingan eksibisi cabang olahraga cricket,” jelasnya. 
Ia memperkirakan Porprov VIII akan melibatkan sekitar 2.000-2.500 atlet terbaik dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. 

Pada pembukaan RAT, Senin (22/5) malam, Ketua Umum KONI Lampung M. Ridho Ficardo dalam sambutannya mengharapkan Porprov dapat dijadikan sebagai ajang seleksi atlet secara profesional menuju PON XX tahun 2020 di Papua. “Persiapkan sebenar-benarnya dari seluruh cabang olahraga karena PON di Papua membutuhkan banyak energi, mulai dari biaya hingga fisik,” kata Ridho. 

Menurut Ridho sebisa mungkin atlet dari berbagai cabang olahraga tidak terjadi penumpukan. Namun, ketika memang hal tersebut terjadi, maka usahakan disebar ke daerah lain. “Hari ini kita berbicara untuk kepentingan masyarakat Lampung, maka jika tidak ada sinergi antara kabupaten/kota akan berdampak pada nama baik Lampung di ajang nasional,” tegasnya.

Berbicara kesiapan sarana prasarana, Ridho meminta kepada seluruh pihak yang berkepentingan untuk bisa memaksimalkan sarana yang ada di Provinsi Lampung. Wakil Ketua Umum I KONI Provinsi Lampung Hannibal mengatakan dalam agenda RAT tersebut dibahas secara teknis agenda tahunan Porprov dan persiapan menuju PON XX tahun 2020 di Papua. “Dua hal ini akan menjadi fokus kami bersama pengurus. Mudah-mudahan dengan persiapan yang matang, para atlet yang berlaga pada dua agenda besar tersebut mampu mempersembahkan yang terbaik bagi daerahnya,” kata Hannibal. (FIK)

1,402 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan