PPDB SMP Lampura Gunakan Manual

PPDB

KOTABUMI– Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Lampung Utara tahun ini menerapkan sistem manual atau tes tertulis pada 3 – 5 Juli mendatang. Sistem yang digunakan ini berbeda dengan sistem PPDB tahun sebelumnya yang menerapkan sistem online.

“Tahun ini, sistem dalam PPDB SMP berubah. Jika tahun sebelumnya sistem yang digunakan sistem online, tahun ini, sistem yang digunakan sistem manual atau menggunakan sistem ujian,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suwandi, Selasa (4/7).

Masih kata Suwandi, perubahan sistem dari online ke sistem manual ini merupakan hasil keputusan musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMP. Sejatinya, pihak sekolah yang paling berhak menentukan sistem mana yang mereka anggap paling memungkinkan untuk diterapkan dalam PPDB SMP.

Baca Juga:  Lunas PBB Syarat Masuk di SDN 1 Langkapura

Namun, menurut Suwandi, keputusan pihak MKKS ini yang memilih menggunakan sistem yang berbeda dalam PPDB tahun ini tetap berlandaskan pada aturan yang ada. Di antaranya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17/2017 tentang PPDB dan petunjuk teknis PPDB dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Dalam regulasi tersebut, imbuhnya lagi, terdapat dua opsi yang dapat digunakan pada PPDB. Pertama sistem tes ditambah nilai ujian akhir sekolah dan kedua ‎tetap menggunakan sistem online. Rupanya, pihak MKKS memilih untuk menggunakan sistem tes dalam PPDB untuk tahun ini.

Baca Juga:  DPRD Dorong Penerapan Zonasi PPDB

‎”Keputusan MKKS menggunakan tes tertulis ini juga sudah mendapat restu dari Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Kepala Seksi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan SMP, Merlyn Sofia menambahkan, sistem penilaian dalam ujian tertulis yang akan digunakan pada PPDB ini ‎diambil dari hasil ujian dan persentase nilai ujian akhir sekolah. Selain menggunakan sistem tes tertulis, peserta didik baru juga dapat memilih jalur bina lingkungan atau prestasi.

Baca Juga:  DPRD Dukung Gubernur Soal PPDB

“Persentasenya, 85 persen untuk tes tertulis dan 15 persen sisanya untuk jalur bina lingkungan dan prestasi,” kata Merlyn.

‎‎Adapun anggaran yang akan dikeluarkan dalam PPDB tahuni ini, menurut Merlyn, dibebankan pada anggaran bantuan operasional masing-masing sekolah. ‎Proses pendaftaran PPDB sendiri akan berlangsung sejak 3 hingga 5 Juli mendatang. Sedangkan, pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 13 Juli. “Kalau untuk masa orinetasi sekolahnya sendiri akan berlangsung sejak tanggal 17 – 19 Juli mendatang,” jelas perempuan berjilbab ini. (RI/IV)

2,251 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

PPDB

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan