Presiden Jokowi Ingatkan Babinsa Jaga Netralitas di Tahun Politik

Presiden RI, Joko Widodo. (Istimewa)

Bandung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada bintara pembina desa (Babinsa) untuk menjaga netral di tahun politik ini.

Pilkada Serentak sukses berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia. Kemudian tahun depan, Indonesia akan menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres).

“Saya minta Babinsa untuk menjaga netralitas di tahun politik ini. Karena politik TNI adalah politik negara, politik TNI bukan politik praktis,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada ribuan Babinsa di Hanggar PT DI, Jalan Padjajaran, Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Lantik Siwi Sukma Adji Jadi KSAL

Dalam dunia politik, kata dia, TNI harus setia kepada rakyat, wilayah dan pemerintah sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang. Sehingga, TNI tidak boleh berpihak kepada siapapun.

Menurutnya dengan bersikap netral, Babinsa bisa merangkul seluruh elemen masyarakat menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Untuk memastikan proses demokrasi berjalan aman dan damai TNI dan Polri harus bersikap netral sehingga mudah merangkul masyarakat serta menjaga agar (Pilkada) kondusif,” jelas dia.

Baca Juga:  Pidato di Selandia Baru, Presiden Jokowi Sebut Punya 8 Menteri Perempuan

“Netralitas yang ditunjukan nantinya membuat masyarakat yakin bahwa TNI dan Polri benar benar progesional menjalankan tugasnya karena sekarang kepercayaan publik sedang tinggi kepada instansi TNI dan Polri,” ujar Jokowi seperti yang dilansir dari detik.com. (net/hp)

1,166 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Babinsa Jokowi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan