President Of SEAAN Puji Pembangunan Observatorium Terbesar

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menggelar Welcoming Dinner untuk menyambut kedatangan peserta The 10th South East Asia Astronomy Network (SEAAN) Meeting 2018, di rumah dinas Gubernur Lampung, Kamis (18/10) malam.

Profesor Boonrucksaar Soonthorntum President of SEAAN, menyatakan ungkapan terimakasih kepada Gubernur Lampung atas sambutannya.

“Terimakasih kepada Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang telah menyambut kami dan mengundang kami pada acara makan malam yang menyenangkan ini. Saya sangat senang berada di Lampung – Indonesia dan bertemu para peneliti dan astronomer dari berbagai negara di Asia Tenggara,” ucapnya.

Professor Boonrucksaar Soonthorntum juga menyatakan sangat senang melihat perkembangan astronomi yang sangat pesat di Indonesia, tidak hanya dari segi keilmuan dan sumberdaya manusianya, namun juga dari pembangunan infrastrukturnya.

Baca Juga:  e-Samsat Permudah Masyarakat Bayar Pajak

“Saya atas nama SEAAN berterimakasih kepada Indonesia, terutama kepada Gubernur Lampung yang akan membangun Observatorium terbesar di Asia Tenggara. Hal ini tentu dapat membantu perkembangan ilmu astronomi dan para astronom lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menyampaikan selamat datang kepada seluruh delegasi perwakilan negara SEAAN yang hadir, yang rencananya akan melaksanakan The 10th SEAAN Meeting pada tanggal 19-21 oktober 2018 di Lampung.

“Saya ucapkan selamat datang dan terimakasih kepada seluruh delegasi SEAAN yang hadir dan telah memilih Provinsi Lampung sebagai tuan rumah dalam melaksanakan The 10th SEAAN Meeting 2018. Ini adalah event yang sangat langka, oleh karena itu saya berharap semoga kegiatannya dapat berjalan lancar hingga selesai,” ucap Gubernur Ridho.

Baca Juga:  Generasi Muda Harus Berpegang Teguh Pada Pancasila

Lebih lanjut Gubernur Ridho menyatakan bahwa selama ini masyarakat mengetahui observatorium hanya ada di Bandung. Akan tetapi sudah sangat tua dan teknologinya sudah tertinggal. Oleh karenanya Gubernur Ridho ingin membangun Observatorium di Lampung selain yang terbesar tapi juga dengan teknologi terbaru.

“Orang mungkin tahu Observatorium yang ada di Bosscha Bandung, tapi di sana teknologinya sudah sangat tertinggal, oleh karenanya saya ingin membangun Observatorium tidak hanya terbesar, namun juga dengan teknologi terbaru,” tegas Ridho

Selain itu, menurut Gubernur termuda di Indonesia ini, Pembangunan Observatorium ini juga guna mendukung program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK) yang dibuka di ITERA. Oleh karenanya pembangunan Observatorium ini leadingnya diserahkan kepada ITERA bekerjasama dengan ITB.

Baca Juga:  Kapolda Puji Kepiawaian Gubernur Lampung dalam Menembak

Masih menurut Gubernur Lampung, pembangunan Observatorium juga tidak hanya ditujukan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, tapi juga sesuai dengan kebijakan strategis Provinsi Lampung di bidang pariwisata, sehingga akan terbangun  objek wisata yang berorientasi pada ilmu pengetahuan.

Mengakhiri sambutannya Gubernur Ridho berharap para delegasi menikmati kunjungannya selama di Lampung dan dapat berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada di Lampung.

Rencananya para delegasi SEAAN juga akan menyaksikan Groundbreaking pembangunan Lampung Astronomical Observatory (LAO) di Tahura Wan Abdurahman, Pesawaran, pada tanggal 20 Oktober 2018 oleh Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo. (*)

Pembangunan Observatorium Pemprov Oct President Of SEAAN

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan