Pria Lamsel Diadili Lantaran Ngutang Rp350 Juta

Foto: Tinus

BANDAR LAMPUNG – Kastubin, warga Lampung Selatan (Lamsel), harus duduk dikursi pesakitan Pengadilan Negeri Tanjung Karang, lantaran perkara penipuan yang dibuatnya hingga merugikan korbannya hingga mencapai Rp350 juta.

Pria 47 tahun ini, awalnya meminjam uang korban, dengan modus untuk pelunasan biaya tali asih kepada warga penggarap sebagai ganti rugi pembebasan lahan di Lampung Timur yang seluas 200 hektare.

Korban pun dirayu dan dijanjikan akan menerima keuntungan berlebih dari pengembalian uang yang terdakwa pinjam, dengan pula menjanjikan bahwa bisnis yang ia jalani tersebut sudah barang pasti terlaksana baik.

Namun, hingga pada waktu yang telah disepakati, Kastubin tak kunjung juga menepati janjinya dan malah didapati uang pinjaman tersebut tidak dipakainya untuk menjalankan rencananya tersebut, malah dipergunakan oleh terdakwa untuk memenuhi kepentingan pribadinya, bersama dengan rekan – rekannya yang lain.

Atas perbuatannya tersebut, Kastubin alias Fahmi, dijerat oleh jaksa dengan menggunakan pasal 378 dan 372 KUHP, Junto pasal 55 ayat 1 ke 1, junto pasal 64 ayat 1 KUHP, dengan ancaman kurungan pidana selama 4 tahun dan denda sebesar Rp900 juta.(TN)

Posting Terkait