Program Pengadaan Sumber Air Bersih di Tulangbawang Dimulai Agustus

Bupati tulangbawang Hj Winarti, didampinggi oleh Kepala Dinas PU, Ferli Yuledi,dan Kabid Cipta Karya Ruli, menjelaskan realisasi dan teknis dalam menjalankan Program Pamsimas 2018 oleh kelompok masyarakat masing-masing kampung penerima bantuan.

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Hj Winarti berjanji jika program pembangunan pengadaan sumber air bersih (sumur bor) di 27 Kampung Tulangbawang melalui bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) khusus di Tulangbawang pada tahun 2018 ini akan mulai di realisasikan pada Bulan Agustus mendatang.

Winarti mengatakan, terkait bantuan program Pamsimas dari pusat tersebut, saat ini pihaknya baru saja menyelesaikan proses kerja sama (MOU) dengan seluruh 27 Aparatur Kampung yang mendapatkan bantuan program tersebut.

Baca Juga:  Hj Winarti Buka Musrenbang Penyusunan RKPJ Tulangbawang Tahun 2019

Sebab menurut Winarti dalam tahun ini guna mendukung kelancaran dan keberhasilan terhadap program Pamsimas tersebut pihaknya telah menambahkan sebanyak 3 titik pembangunan sumur bor dengan nilai dan pekerjaan yang sama seperti dalam realisasi program Pamsimas tersebut.

“Karena dalam tahun ini kita hanya mendapatkan sebanyak 24 titik bantuan sumur bor yang disebarkan di 24 Kampung, dengan nilai anggaran bantuan sebesar Rp.5.528.600.000 saja dari Pemerintah pusat,” katanya kemarin saat memgadakan sosialisasi sekaligus penadatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS)

Winarti menerangkan terkait program sumur bor tersebut pihaknya sangat mengalami kekurangan yang sangat banyak untuk di seluruh kampung se Tulangbawang.

Sehingga Lanjut Winarti, Pemkab Tulangbawang melalui dana shering milik Pemkab setempat sengaja menambahkan sebanyak 3 titik untuk mencukupi program Pamsimas tersebut.

Baca Juga:  Winarti Ultimatum Aparat Kampung

“Jadi total keseluruhannya menjadi 27 titik kampung yang akan direalisasikan program sumur bor karena yang asli merupakan bantuan dari pusat sebanyak 24 sedangkan yang tiga titik merupakan murni dari bantuan kita mengambil dari dana shering kita sendiri,”.terangnya

Sebab Winarti menjelaskan program sumur bor dari bantuan pemerintah pusat tersebut sangat berbeda dengan program sumur bor yang biasa di realisasikan oleh Pemkab Tulangbawang.

“Karena sumur bor melalui Pamsimas ini sangat lengkap seperti PDAM mini mampu mengaliri aliran air bersih hingga puluhan  ke semua rumah warga mengingat penampungan dan alat yang digunakan sangat berkapasitas besar sesuai dengan anggaran yang diberikan dari pusat, jadi memang benar – benar bermanfaat.

Baca Juga:  Wartawan Tentukan Arah Pembangunan

Winarti menegaskan adapun mengenai pelaksanaan dan realisasi program pembangunan sumur bor melalui program Pamsimas tersebut pihaknya menargetkan sebelum pengesahan anggaran APBD perubahan tahun ini di sahkan program tersebut harus telah selesai.

Ia  menambahkan guna mempercepat proses dan selesai sesuai target maka program Pamsimas tersebut akan mulai dikerjakan pihaknya pada Bulan Agustus mendatang sesuai kesepakatan dan tehnis yang telah disepakati.

“Karena saya ingin semua 27 aparatur kampung dapat benar – benar melaksanakan dengan baik dan sesuai aturan hukum sebab anggaran dari masing – masing pekerjaan sumur bor ini sangat besar jadi selain harus selesai sesuai target juga harus terlaksana dengan sempurna sesuai aturan hukumnya demi keberhasilan dan kesejahteraan masyarakat tulangbawang, “pungkasnya. (Fs-Mr)

935 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Sumber Air Bersih

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan