Provinsi Lampung Jadi Wilayah Penyumbang Kasus Korupsi di Indonesia Peringkat ke-7

Provinsi Lampung Jadi Wilayah Penyumbang Kasus Korupsi di Indonesia Peringkat ke-7

Provinsi Lampung menjadi wilayah penyumbang kasus korupsi di Indonesia dengan menempati posisi ke-7 berdasarkan data yang dimiliki Indonesia Corruption Watch (ICW).

Bandar Lampung – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengeluarkan data terbaru bahwa di tingkat wilayah provinsi, Jawa Barat (Jabar) jadi penyumbang paling tinggi korupsi dengan total 21 kasus dengan nilai korupsi Rp1,1 triliun terbagi nilai kasus Rp24,3 miliar, nilai pungli Rp5 juta dan nilai pencucian uang Rp51 miliar.

Baca Juga:  Kronologis di Balik Penugasan Frenki Harditama Hingga Oknum Auditor BPK Perwakilan Lampung Itu Menerima Rp1,5 M

Menurut Koordinator ICW Adnan Topan Husodo dalam paparannya menyampaikan bahwa selain Jawa Barat, provinsi lain yang masuk 10 besar yaitu Jawa Timur (19 kasus), NTB (14 kasus), Jawa Tengah (13 kasus), Aceh (11 kasus), Lampung (10 kasus), Sumbar (8 kasus), Sumut (7 kasus), Banten (6 kasus).

Dari tingkat 10 besar berdasarkan wilayah ini menurut Adnan korupsi berdasarkan lembaga didominasi oleh pemerintah kabupaten (95 kasus) dan Pemkab (48 kasus), Pemkot (23 kasus), Kementerian (20 kasus), BUMN (81 kasus), Pemprov (16 kasus), Badan/lembaga negara (10 kasus), DPRD (9 kasus), BUMD (8 kasus) dan penegak hukum berupa kejaksaan, kepolisian, pengadilan (6 kasus).

Baca Juga:  Akui Endah Kartika Prajawati Terima Uang Dari Rina Febrina Untuk Beli Bakso dan Pampers, Kata Agung: Semua Sudah Diselesaikan

“Anggaran desa menjadi sektor yang paling banyak terjadi sepanjang tahun 2019. Selain itu, sektor bencana alam, pertambangan, peradilan, penegakan hukum, dan lapas kurang dijadikan sebagai prioritas dalam penegakan hukum meskipun dampak yang ditimbulkannya besar. Secara umum aktor yang paling banyak melakukan korupsi yakni ASN dan swasta,” ujar Adnan Topan di Gedung ICW, Selasa (18/2/2020). (Ricardo)

Baca Juga:  Kotak Pandora Oknum Auditor BPK Perwakilan Lampung Terbuka Berkat Pengadilan Tipikor Tanjungkarang

ICW Kasus Korupsi KPK

Posting Terkait