Proyek Bantuan Pembangunan Embung Bermasalah

Korupsi Meubeler

Ilustrasi Korupsi (Ist)

GEDONGTATAAN—Untuk mengungkap kasus tindak pidana korupsi pada proyek pembangunan sepuluh embung di delapan kecamatan di sepuluh desa yang menelan dana hingga miliyaran rupiah. Tim Penyidik Tindak Pidana Korupsi Kepolisian Resort Pesawaran telah menurunkan beberapa penyidik guna mengungkap permasalahan tersebut.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran, Nuroriyah mengatakan bahwa beberapa penyidik Tipikor Polres Pesawaran sudah datang dan meminta penjelasan terkait dugaan penyimpangan pada proyek tersebut. “Ya benar, tadi sudah datang beberapa anggota Polres untuk mengkonfirmasi terkait proyek sepuluh embung tersebut,” ungkapnya, Senin (22/5).

Baca Juga:  Enam Kabupaten Masuk Zona Merah Dalam Evaluasi Capaian Pemberantasan Korupsi

Dirinya menerangkan, bahwa proyek tersebut masih dalam perawatan. Dan rencananya akan ada perbaikan pada bangunan embung yang menjadi persoalan tersebut. “Inikan masih perawatan, dan nanti akan kita tahan retensinya sebelum bangunan tersebut diperbaiki. Tadi, polisi juga sudah mengingatkan untuk segera diperbaiki, ” terang dia.

Menurut Nuroriyah, pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan dan kepala bidang guna mengambil langkah selanjutnya. “Nanti kita koordinasikan dengan pimpinan dan kepala bidang untuk mengambil langkah selanjutnya, ” ujar dia.

Menurut pantauan dibawah, banguanan sepuluh embung tersebut belum ada tanda-tanda dilakukan perbaikan. Bahkan, ada beberapa kepala desa yang mengaku tidak diberitahu tentang adanya pembangunan embung diwilayahnya. “Pembangunan embung yang tidak jelas itu, kami tidak tahu. Karena memang tidak ada koordinasi maupun pemberitahuan kepada kami selaku kepala desa, ” kata Kades yang enggan disebut namanya.

Baca Juga:  Mantan Kadis Kominfo Dituntut 18 Bulan

Diketahui, sepuluh embung tersebut dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2016 senilai Rp1Milyar dengan masing-masing embung dialokasikan dana Rp100juta. Yakni untuk: Pembuatan Embung di Desa Cilimus, Telukpandan senilai Rp 100 juta. Pembuatan Embung di Desa Ceringinasri,Wayratai senilai Rp 100 juta. Pembuatan Embung di Desa Poncorejo Kecamatan Wayratai senilai Rp 100 juta. Pembuatan Embung di Desa Tanjungkerta, Waykhilau senilai Rp 100 juta. Pembuatan Embung di Desa Bandingagung, Punduhpidada senilai Rp 100 juta.

Baca Juga:  Tilep Uang Raskin Dipenjara 1,5 Tahun

Kemudian pembuatan Embung di Desa Kampungbaru Kecamatan Margapunduh senilai Rp 100 juta. Pembuatan Embung di Desa Kresnomulyo Kecamatan Tegineneng senilai Rp 100 juta. Pembuatan Embung di Desa Bumiagung Tegineneng senilai Rp 100 juta. (9) .Pembuatan Embung di Desa Kedondong Kecamatan Kedondong Rp 100 juta dan (10).Pembuatan Embung di Desa Paguyuban, Waylima Senilai Rp 100 juta. (MH/PS)

Korupsi

Posting Terkait