Proyek Infrastruktur PUPR Bisa Dipantau Lewat Online

Foto: Ilustrasi. (Ist)

Jakarta -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-Government) di lingkungannya, Rabu (18/4/2018).

Hadir dalam kesempatan ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PAN-RB Asman Abnur, serta perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Rudiantara, yakni Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Semuel Abrijani Pangerapan.

e-Government merupakan suatu konsep untuk membuat pemerintah dapat mengoptimalisasikan layanan teknologi dan sistem manajemen proses kerja, yang memungkinkan instansi bekerja secara terpadu dan lebih sederhana, dan dapat diakses oleh publik.

Baca Juga:  OJK Dorong Lembaga Jasa Keuangan Bantu Pembiayaan Infrastruktur

Sekretaris Jendral Kementerian PUPR Anita Firmanti Eko Susetyilowati mengatakan ada sejumlah layanan e-Government yang hari ini diluncurkan, mulai dari e-monitoring, e-HRM untuk manajemen kepegawaian, info publik yang yang memberikan informasi langsung ke masyarakat, serta layanan untuk pemantauan proyek-proyek infrastruktur yang dikerjakan pemerintah.

“Jadi ada sistem geografis infrastruktur PUPR, ini memungkinan untuk tahu progres pembangunan infrastruktur yang sedang dikerjakan PUPR dan apa yang sudah dicapai,” katanya dalam sambutannya di Kementerian PUPR, Jakarta, seperti yang dilansir dari detik.com, Rabu (18/4/2018).

Baca Juga:  Kaleidoskop Pemprov Lampung 2017: Jalan dan Jembatan Jadi Fokus Perbaikan

Anita mengatakan peluncuran layanan ini sesuai dengan tindak lanjut Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 5 Tahun 2018 tentang pendoman sistem informasi yang berbasis elektronik. Dimana birokrasi sudah harus menerapkan layanan tersebut.

“Kami merespon apa yang ditugaskan Pan-RB untuk lakukan pelaksanaan e-Government untuk efisiensi dan efektivitas tugas,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Menteri PAN-RB Asman Abnur memberikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah menerapkan layanan e-Government tersebut. Menurutnya, Kementerian PUPR bisa menjadi contoh bagi Kementerian/Lembaga lain yang belum menerapkan layanan berbasis elektronik.

Baca Juga:  Pembangunan Infrastruktur Lampung Dikebut

“Saya ucapkan terimakasih Pak Menteri pagi ini saya diundang dalam rangka peluncuran e-Government. Saya ucapkan selamat dan mudah-mudahan Menteri PUPR akan semakin transparan dan baik dan menjadi contoh e-Government ke depan,” katanya. (net/hp)

2,256 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Infrastruktur

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan