Publikasi Pembangunan Desa, Apdesi Mesuji Gandeng Wartawan

Lukman | Fajar Sumatera

MESUJI – Apdesi Kabupaten Mesuji menggandeng lima organisasi wartawan untuk publikasi pembangunan desa yang berasal dari dana desa (DD) 2020.

Kerjasama itu ditandai dengan pertemuan Ketua Apdesi Mesuji Yusuf Arasuli, Camat Simpang Pematang, Ketua Apdesi tingkat Kecamatan se-Mesuji, perwakilan AWPI, AWI, PWI, AJOI dan IWO di Balai Desa Simpang Mesuji kecamatan Simpang Pematang, Kamis (16/1),

Dalam pertemuan tersebut Yusuf Arasuli mengatakan, pihaknya akan menganggarkan dana publikasi tahun 2020 untuk rekan-rekan media yang tergabung di dalam masing-masing organisasi tersebut.

“Dengan adanya dana publikasi yang sudah di rencanakan di APBDes ini nantinya saya minta kepada temen-temen media yang ada di kabupaten Mesuji dapat menjadi mitra kerja dari kepala desa dalam artian produk berita yang di hasilkan oleh awak media adalah suatu produk jurnalistik yang menjunjung tinggi kode etik,” ujar Yusuf.

Baca Juga:  AWPI Lampung Agendakan Diklatsar & UKW II

Masih menurut Yusuf, produk jurnalistik yang dihasilkan adalah benar apa yang di lihat,didengar  oleh sang wartawan dan memiliki narasumber yang kompeten.

“Kalaupun ada pemberitaan terkait pembangunan yang sumber dananya dari DD hendaknya di konfirmasi terlebih dahulu ke kades, kami tidak membatasi hak wartawan dalam menulis berita akan tetapi konfirmasi terlebih dahulu jangan tahu-tahu sudah tayang ,memberitakan hal yang baik itu adalah harapan tetapi kami tidak menepis berita buruk bila itu kenyataan yang berkembang,” papar Yusuf.

Baca Juga:  Digunakan Bimtek, Kejati Siap Usut Dana Desa Lambar

Sementara Camat Simpang Pematang Mausariddin S.Sos. berharap agar pertemuan antara Apdesi dan organisasi wartawan ini dapat menghasilkan mufakat sehingga pembangunan di Kabupaten Mesuji dapat terexsphose oleh media melalui tangan-tangan para jurnalis yang bekerja di Kabupaten Mesuji.

Dalam kesempatan itu juga Ratno Ponco Widodo atau yang akrab di sapa dengan panggilan Rado selaku Wakil Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indpnesia (AWPI) Cabang Mesuji menyatakan, siap bekerjasama dalam pemberitaan terkait pembangunan yang ada di desa-desa di kabupaten Mesuji.

“Anggota kami akan bekerja secara profesional dalam hal ini artinya setiap berita yang tayang sudah pasti hasil konfirmasi dengan narasumber yang bertanggung-jawab dan  AWPI siap ikut mensukseskan pembangunan Mesuji melalui media,” ungkap Rado.

Baca Juga:  Bank Dunia Puji Program Dana Desa

Hasil rapat yang diselenggarakan oleh Forum Kepala Desa bersama awak media ketua Apdesi kabupaten dan ketua Apdesi kecamatan menyatakan bahwa pihaknya setuju untuk menganggarkan dana publikasi sebesar Rp10 juta perdesa yang diambil dari Dana Desa (DD) namun peruntukkannya tidak semua nominal tersebut secara langsung disalurkan melalui organisasi kewartawanan yang ada di Mesuji tetapi dana tersebut juga akan di serap oleh wartawan yang tidak ikut bergabung di organisasi tersebut namun bertugas di kabupaten Mesuji sesuai dengan surat tugas yang di keluarkan oleh media tempat dimana sang awak media bekerja.(LM)

Apdesi Mesuji AWPI Dana Desa IWO

Posting Terkait