Pusat Hambat Penetapan Status Bandara Internasional

Bandara Radin Inten tunggu penetapan status menjadi bandara intenarsional.ist

BANDARLAMPUNG—Pemerintah Provinsi Lampung masih menanti penetapan status Bandara Raden Inten II Lampung menjadi bandara internasional sehingga bisa dipakai untuk embarkasi haji secara penuh. Namun segala upaya persiapan yang dilakukan belum mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Semua syarat sudah terpenuhi. Hanya butuh teken dari pak menteri saja (Menteri Perhubungan RI, Budi Karya),” kata Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qudrotul Ikhwan, Senin (23/7).

Baca Juga:  Disambut Ridho, Jokowi Resmikan Bandara Internasional Raden Inten II

Dirinya mengaku belum menerima alasan yang jelas dari pemerintah pusat atas tertudanya penetapan status bandara tersebut. Padahal secara infrastruktur, Bandara Raden Inten sudah sangat siap.

Ia menjelaskan, Pemprov Lampung telah berupaya melengkapi sarana dan prasarana bandara, seperti memasang sistem keamanan sebagai syarat penting internasional yakni dua unit X-Ray.

“Pemprov Lampung juga sudah membiayai kelengkapan Keimigrasian dengan anggaran Rp16 miliar,” ujarnya.

Baca Juga:  Disambut Ridho, Jokowi Resmikan Bandara Internasional Raden Inten II

Qudrotul menyatakan, Provinsi Lampung memiliki potensi besar untuk dijadikan embarkasi haji penuh karena sudah sangat siap secara infrastruktur maupun dari porsi jamaah. Apalagi, jamaah haji Lampung menempati posisi kedua sebagai provinsi dengan jamaah terbanyak.

“Lampung memberangkatkan jamaah haji 7.000 lebih yang dibagi 17 kloter setiap tahunnya,” kata dia.(*)

Bandara Raden Inten II Lampung penetapan status bandara internasional lampung

Posting Terkait