Puskesmas Bernung Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

Penyaluran Bantuan dari Puskesma Bernung memalui Posko Bantuan Banjir PWI Pesawaran. – (Foto Putra)

GEDONGTATAAN, FS – Puskesmas Bernung menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Pesawaran melalui posko tanggap bencana PWI Pesawaran. Diungkapkan Eri Yulyadi selaku koordinator posko tanggap bencana PWI Pesawaran, Kamis (23/2). 

“Alhamdulillah posko yang didirikan oleh PWI Kabupaten Pesawaran cukup mendapat respon yang baik dari seluruh masyarakat, ini terlihat dari partisipasi masyarakat maupun organisasi dan instansi yang ikut menyumbangkan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Pesawaran melalui Posko PWI,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan PWI Kabupaten Pesawaran dalam membantu warga korban banjir yang terjadi di Kabupaten Pesawaran. “Musibah banjir ini, merupakan cobaan bagi kita semua, oleh sebab itu, kita yang terhindar dari bencana banjir tidak ada salahnya ikut membantu saudara kita yang tengah mengalami kesulitan akibat bencana banjir,” ujarnya.

Ditambahkannya, bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pesawaran dapat dijadikan sebagai bahan introspeksi diri bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran, untuk selalu dapat menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan. 


“Banjir ini kan pasti ada sebabnya, salah satunya adalah rusaknya lingkungan, bahkan, sampah yang terbawa arus banjir kemarin ada yang berupa kayu gelondongan, yang diduga merupakan hasil ilegal logging,” tambahnya.

“Maka dari itu, mulai sekarang kita harus lebih tegas terhadap sejumlah oknum yang dengan sengaja merusak kelestarian lingkungan untuk meraih keuntungan pribadi,” timpalnya.

Sementara itu, Ida Farida selaku Kepala Puskesmas Bernung menuturkan bahwa, dirinya sengaja menginstruksikan para pegawai dan staff Puskesmas Bernung untuk dapat berpartisipasi membantu warga korban banjir di Kabupaten Pesawaran. “Ya, ini bantuan berupa pakaian layak pakai dan logistik merupakan hasil sumbangan dari para pegawai maupun staff yang ada di Puskesmas Bernung,” tuturnya.

Dijelaskannya, selain memberikan bantuan berupa pakaian layak pakai dan logistik kepada warga korban banjir melalui posko PWI Pesawaran, pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan gratis bagi korban banjir. “Sebelumnya, Puskesmas Bernung juga telah memberikan pelayanan berobat gratis di sejumlah daerah yang terkena banjir, ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap saudara kita yang tertimpa musibah,” jelasnya.

“Apalagi pasca terjadi banjir, masyarakat sangat rentan sekali terserang penyakit seperti diare dan gatal-gatal akibat kuman yang terbawa banjir,” pungkasnya.

Ia pun mengharapkan bahwa, dengan adanya bantuan tersebut, kesulitan warga korban banjir dapat sedikit terkurangi. “Mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi korban banjir, terutama bagi korban yang kehilangan seluruh harta bendanya. Sebab, bagaimanapun juga musibah ini adalah cobaan bagi kita semua. Bagi korban banjir, semoga diberi kesabaran dalam menerima musibah ini,” tutupnya. (MH/PS)

116 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment