PWI Lampung Dukung Polres Way Kanan Soal Dugaan Kasus Pemerasan Empat Oknum Wartawan

 PWI Lampung Dukung Polres Way Kanan Soal Dugaan Kasus Pemerasan Empat Oknum Wartawan

Persatuan Wartawan Indonesia [PWI]. Foto: Istimewa

Bandar Lampung – Persatuan Wartawan Indonesia [PWI] Lampung memberikan respons atas pengangkapan dan penetapan tersangka kepada empat oknum wartawan oleh Polres Way Kanan karena diduga melakukan pemerasan.

Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Lampung Juniardi mengatakan, peristiwa dugaan pemerasan tersebut harus lah diusut oleh pihak kepolisian secara tegas.

“Yang pertama kalau dia betul-betul wartawan, saya kira nggak ada wartawan yang melakukan pemerasan. Jadi kalau pun dia oknum [wartawan_red] misalnya, maka silahkan aja diproses pidana. Di situ gugur proses dia sebagai profesi wartawannya. Karena tidak ada aturan yang mengatur wartawan harus bertindak seperti itu. Tugas wartawan itu jelas, diatur sesuai dengan profesinya, jadi kalau ada yang menyimpang, itu adalah oknum,” ujar Juniardi kepada reporter Fajar Sumatera, Kamis, 17 September 2020.

Baca Juga:  13 Wartawan IJTI Lampung Kompeten

Menurut Juniardi, apa yang justru dilakukan keempat orang tersebut menciderai etika seorang jurnalis. Maka dari itu, Juniardi menyebut tersangka tadi hanya mengaku-ngaku sebagai seorang wartawan.

“Jika dia itu adalah wartawan, diproses pidana aja. Itu justru yang memperburuk citra wartawan yang sedang berjuang memperbaiki, dengan segala hal kompetensinya. Kita anggap saja mereka itu bukan wartawan, tapi oknum-oknum yang mengaku wartawan,” tegasnya.

Baca Juga:  IPW Kasih Jempol ke Polres Way Kanan Soal Penetapan Tersangka Empat Oknum Wartawan yang Diduga Memeras

Peristiwa penangkapan kepada empat orang tersebut didalami kepolisian pasca adanya aduan yang menyebutkan pihak SMKN 1 Banjit diduga diperas oleh oknum wartawan. Aduan itu berujung pada penangkapan dan penyitaan sejumlah barang bukti mulai dari uang Rp 10 juta, handphone dan tiga buah kartu pers. Baca selengkapnya di sini.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Baca Juga:  PWI Tingkatkan Kualitas Pelaksanaan UKW

Polres Way Kanan PWI PWI Lampung SMKN 1 Banjit Wartawan pemeras

Posting Terkait