PWI Lampung Terbaik se-Indonesia

Ketua PWI Lampung periode 2017-2021, Supriadi Alvian memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus PWI Lampung di Ballroom Swiss Belhotel, Rabu (26/4). Foto (Tommy Saputra)

BANDARLAMPUNG – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Margiono, sebut kepengurusan PWI Lampung salah satu yang terbaik di Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus PWI Lampung, di Swiss Bel Hotel, Rabu (26/4).

“Kepengurusan PWI Lampung ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Keberhasilannya diantaranya adalah banyak menghasilkan wartawan bersertifikat,” kata Margiono.

Selain memiliki banyak prestasi di berbagai ajang, menurutnya PWI Lampung juga terdepan dalam berbagai hal. “PWI Lampung ini juga jadi provinsi pertama yang mendeklarasikan Jaringan Wartawan Anti Hoax (Jawah),” ungkapnya.

Baca Juga:  PWI Lampung Minta Polres Tulang Bawang Pahami Mekanisme UU Pers

Kendati demikian ujarnya, terpenting adalah praktek menangkal hoax  di lapangan, bukan sekedar seremoni deklarasi anti hoaxnya. “Nah inilah tugas Jawah itu nanti. Harus bisa menagkal hoax yang beredar di masyarakat melalui berbagai media sosial yang ada,” tegasnya.

Dia menambahkan, sikap menolak hoax sudah pasti ada di dalam setiap jiwa wartawan. Tapi kendalanya ujar dia bagaimana cara mengetahui jika berita yang beredar itu hoax atau bukan.

“Karena itu media harus melakukan cek dan ricek, konfirmasi dan klarifikasi untuk membuktikan kebenaran sebuah berita. Ke depan dipastikan bakal ada aplikasi khusus yang diciptakan untuk menangkal berita hoax, semoga dalam waktu dekat sudah bisa digunakan,” ujarnya.

Baca Juga:  Gubernur Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan

Sementara itu Sekdaprov Sutono mewakili Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus PWI Lampung yang sudah resmi dilantik.

“Atas nama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus yang sudah dilantik. Semoga pers Lampung ke depan bisa lebih berkontribusi lagi dalam memajukan provinsi Lampung,” kata Sutono.

Mantan Kadis Perkebunan Provinsi Lampung itu mengatakan pers sangat penting dalam mengedukasi masyarajat, termasuk kontrol sosial dan memberikam masukan kepada pemerintah serta pengusaha.

“Saya apresiasi kehadiran Jaringan Wartawan Anti Hoax (Jawah) dalam mengatasi berita palsu. Dalam menerbitkan berita hendaknya melalui proses cek and ricek dan konfirmasi,” ujarnya.

Dia menegaskan, Pemprov Lampung akan berkomitmen tetap memberikan dukungan kepada PWI agar bisa lebih baik lagi. “Untuk itu saya berharap bisa saling bersinergi agar program pembangunan Provinsi Lampung bisa terpublikasi dengan baik demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Lampung,” tandasnya.

Baca Juga:  Diduga Pro Ke Arinal, Ketua PWI Lampung Keluarkan 2 Wartawan dari Group WA

Ditempat yang sama, Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian, berharap Pencanangan Jawah ini dapat dibentuk disejumlah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung. “dengan adanya Jawah diharapkan mampu membentuk SDM Wartawan yang lebih mumpuni di Provinsi Lampung. Khususnya dengan adanya perkembangan media, baik media cetak maupun media online yang ada di Provinsi Lampung” Jelas Supriyadi.

Supriyadi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang turut membantu dalam pembangunan kantor PWI. “Saya berharap dengan adanya peningkatan pembangunan ini akan mampu membentuk wartawan profesional yang mampu membantu meningkatkan SDM masyarakat Lampung,” pungkasnya.(Zn)

PWI Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan