Ramai Dilalui Kendaraan, Jalan Suoh Tingkatkan Ekonomi Warga

Ramai Dilalui Kendaraan, Jalan Suoh Tingkatkan Ekonomi Warga

Salah seorang warga Desa Bumi Hantata, Kecamatan Suwoh, Kabupaten Lampung Barat, tengah melintas di Jalan Suoh yang menghubungkan Lampung Barat-Tanggamus, Rabu (23/1/12). Foto: Ihan/fajarsumatera.co.id

LAMPUNG BARAT – PROGRAM pembangunan infrastruktur di era kepemimpinan Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, sangat didambakan oleh warga Kecamatan Suwoh, Kabupaten Lampung Barat.

Jalan Suoh yang menjadi penghubung antar dua kabupaten, Tanggamus dan Lampung Barat itu, sekarang sudah ramai dilintasi oleh transportasi roda empat maupun roda dua.

Baca juga; Lampung Barat: Terimakasih Pak Ridho!

Robiah, salah satu warga setempat yang lahir dan tinggal di daerah Suoh, mengaku sudah lama mendambakan perbaikan jalan milik provinsi. Dan baru sekitar satu tahun ini keinginannya terkabul, saat M Ridho Ficardo menjabat Gubernur Lampung.

Baca Juga:  Gubernur Lampung Uji Coba Jalan Suoh-Batubrak

“Saya lahir di sini, tinggal di Suwoh dari tahun 70-an, orang tua asli sini. Tadinya jalan ini tanah, kalau hujan becek, sering terjadi kecelakaan karena jalan rusak. Namun, sekarang sudah bagus, setelah diperbaiki sekitar satu tahun ini,” ujar Robiah saat ditemui, Rabu (24/1/2018).

Istri dari Lilik ini mengatakan, sejak jalan sudah bagus, kendaraan mulai ramai yang melintas.

Baca Juga:  Video: Gubernur Ridho Dihadang Sekelompok Pria Bersenjata Tajam

Usaha warung pinggir jalannya juga semakin banyak pembelinya, dan ekonominya pun kini mulai ada peningkatan.

“Alhamdulilah, sejak jalan ini bagus, warung saya ikut rame mas, pembelinya makin banyak,” ujarnya tersenyum bahagia.

Ruas Jalan Suoh, saat ini, dalam kondisi mulus sebagai hasil sinergi pembangunan antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Lampung, Budhi Darmawan, mengatakan jalan ruas jalan Suoh-Batubrak berhasil dibangun di era pemerintahan M Ridho Ficardo.

Baca Juga:  Pemkab Lampung Barat Apresiasi M Ridho Ficardo

“Itulah sebabnya rakyat di sana meminta Gubernur Lampung menjajal jalan itu. Mereka mengucapkan terimakasih,” kata Budhi, di Bandar Lampung, Selasa (23/1/2018) lalu.

Ruas jalan Suoh-Batubrak, lanjut Budhi, satu dari sekian banyak ruas jalan yang dibangun pemerintah provinsi.

Sejak tahun 2016 lalu, pembangunan jalan yang dilakukan Ridho Ficardo mengalami peningkatan luar biasa. Hal ini disebabkan Gubernur Lampung tersebut, mengutamakan pembangunan dan perbaikan jalan yang menunjang mobilitas dan konektivitas antar wilayah.

“Jalan provinsi yang panjangnya mencapai 1800 kilometer itu ditargetkan bisa memenuhi kuota jalan mantap provinsi 90 persen di tahun 2018 – 2019,” kata Budhi. (IH)

944 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Jalan Suoh Jalan Suoh-Batubrak

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan