Rapat Tahunan Gapoktan Mandiri Lestari KPH Batutegi

Rapat Tahunan Gapoktan Mandiri Lestari KPH Batutegi

Rapat Tahunan Gapoktan Mandiri Lestari KPH Batutegi.

TANGGAMUS – DINAS Kehutanan Provinsi Lampung melalui UPTD KPH VIII Batutegi memfasilitasi Rapat Tahunan Gapoktan Mandiri Lestari, Selasa (17/4/2018) yang diikuti lebih dari 200 orang anggota Gapoktan.

Gapoktan ini salah satu pemegang IUPHKM di wilayah KPH Batutegi.

Gapoktan Mandiri Lestari telah memiliki Koperasi Tani sejak tahun 2017 lalu, dengan kegiatan utama adalah jual beli hasil bumi.

Iuran anggota tahunan diwujudkan dengan penyerahan 6 kg kopi per anggota. Tahun 2017 lalu, terhimpun iuran koperasi berjumlah Rp47 juta.

“Kelompok tersebut sudah teregister oleh penyuluh. Ini merupakan prestasi yang bagus, karena gapoktan telah mampu membentuk koperasi untuk meningkatkan kinerja dan ekonomi anggota,” ungkap Y Ruchyansyah, Kepala KPH Batutegi.

Lebih lanjut, ditegaskan untuk meningkatkan kerjasama kelompok dan anggota kelompok. Tunaikan kewajiban pemegang IUPHKM dengan rehabilitasi dan perlindungan hutan.

Laporkan aktivitas Illegal yang terjadi di sekitar areal garapan kepada KPH.

“Kami bina Gapoktan ini untuk mewujudkan kelestarian hutan dan peningkatan kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Tanggamus, mendukung upaya Gapoktan dalam memulai usaha bersama dan mengapresiasi pertemuan rutin seperti ini, serta mengajak para pengurus untuk bisa mengakses Dana Desa dalam aktivitas pengelolaan hutan.

Koperasi ini juga sudah bekerjasama dengan perusahaan dalam penjualan kopi sebagai salah satu hasil hutan bukan kayu yang menonjol.

Hal ini menjadikan pemasaran produk lebih baik dan mudah. Ikuti aturan yang berlaku dengan baik, sehingga akan membantu dalam pemasaran hasil, disampaikan oleh PT Louis Dreyfus sebagai mitra koperasi. (*) 

333 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Gapoktan Mandiri Lestari

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan