Rasio Pengusaha RI Baru Akan Susul Malaysia

VIVA Youth Festival.ist

JAKARTA—Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyatakan, rasio pengusaha Indonesia saat ini masih sangat rendah namun menunjukkan peningkatan.

“Rasio enterpreneur kita di Indonesia dari zaman dulu sampai 2014 itu masih di bawah dua persen, baru 1,55 persen. Minimal harus dua persen dari jumlah penduduk Indonesia,” kata dia, Rabu (21/2).

Meski begitu, kata dia, secara perlahan jumlah pengusaha dalam negeri terus meningkat. Pada 2016, rasio enterpreneur terus mengalami kenaikan menjadi 3,1 persen. Karena itu, pertumbuhan tersebut harus ditingkatkan.

“Saya yakin dua tahun lagi, minimal bisa menyamai Malaysia. Kalau bisa berjalan dengan baik, pemerataan kesejahteraan bisa lebih kencang,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menambahkan generasi muda di Indonesia jangan ragu-ragu untuk berkecimpung ke dunia usaha, terlebih pada sektor digital.

 

“Di Kominfo, membuat start up tidak perlu menggunakan izin, tidak perlu minta izin, minta lisensi, cukup registrasi. Mengapa? Kominfo ingin membuka ruang seluasnya, biarkan inovasi berkembang,” tambahnya.

Lanjut Rudy, Kemenkominfo memastikan memberikan akses penenuhnya bagi para wirausahawan muda untuk lebih berani mengembangkan dan berinovasi.(*)

rasio pengusaha RI

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan