Ratusan Pekerja Migran Diprediksi Mudik ke Lampung

Ilustrasi (ist)

BANDARLAMPUNG – Ratusan pekerja migran indonesia dari berbagai negara diprediksi memasuki lampung menjelang Hari Raya IdulFitri. Hingga saat ini Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI Lampung telah memfasilitasi kepulangan 140 pekerja migran dan calon pekerja migrant.

Para pekerja migran yang kembali ke lampung sebagian besar ternyata telah habis kontrak atau pekerja migran purna yang berasal dari taiwan dan hongkong. Sementara calon pekerja migran tujuan malaysia dan singapura berasal dari Jakarta.

Baca Juga:  SBMI Lampung Tuntut Pemerintah Lindungi Pekerja Migran

Calon pekerja migran ini dikembalikan ke daerah asal karena adanya moratorium pengiriman Pekerja Migran Indonesia di masa pandemik covid-19.

“Pekerja Migran yang kembali ke Lampung itu dikarenakan masa kerjanya telah habis kontrak yang berasal dari Hongkong dan Taiwan,”ujar Waidiansyah Kepala Seksi Perlindungan Penempatan BP2MI Lampung.

Kepulangan para pekerja migran ke daerah asal telah melalui pemeriksaan kesehatan. Pekerja migran purna menjalani rapid test di kantor kesehatan pelabuhan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sementara,  untuk calon pekerja migrant, rapid test dilakukan perusahaan penyalur tenaga kerja.

Baca Juga:  SBMI Lampung Tuntut Pemerintah Lindungi Pekerja Migran

Kepala Seksi Penempatan TKI Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Eko Heru M mengatakan, kepulangan pekerja migran tersebut tidak terduga. Dinas Tenaga Kerja hanya memiliki data konkret pekerja migran legal yang kepulangannya sudah terjadwal.

“Kepulangan pekerja migrant tersebut tidak terduga, kami hanya memiliki data konkret pekerja migrant legal yang kepulangannya sudah terjadwal,”ujar Eko Heru M, Kasi Penta TKI LN Disnaker Lampung. (Josua)

Baca Juga:  SBMI Lampung Tuntut Pemerintah Lindungi Pekerja Migran

BP2MI Lampung Pekerja Migran

Posting Terkait