RI Akan Ekspor 1.034 Bus ke Bangladesh

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta – Sebagai salah satu upaya membuka pasar ekspor baru, Indonesia berencana melakukan ekspor 1.034 unit bus ke Bangladesh.

“Dibeli oleh mereka (Bangladesh) sebanyak 1.034 bus. Jadi harga 1 bus sekitar Rp 1,9 miliar,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Arlinda akhir pekan lalu, seperti yang dilansir dari detik.com.

Baca Juga:  Indonesia Ekspor 23 Ton Edamame ke Jepang

Sebanyak 1.034 unit bus yang akan diekspor ke Bangladesh itu, diproduksi oleh perusahaan karoseri dalam negeri yakni CV Laksana.

“Bus kita dari CV Laksana,” singkat dia.

Adapun perihal ekspor bus made in Indonesia ke Bangladesh tersebut, Arlinda mengatakan, hal itu terjadi pada sebuah pameran Industri RI yang mendatangkan investor dan pelaku usaha dari berbagai negara.

Baca Juga:  Mulai Agustus, Sokon Ekspor Glory 580 Rakitan Indonesia

Sayang, ia tak merinci perihal pameran produk RI yang dimaksud. namun ia menyebut, dalam transaksi itu disepakati ada sedikitnya 1.034 unit bus yang diekspor dari Indonesia ke Bangladesh. Selain bus, Bangladesh juga membeli lokomotif asal Indonesia.

Total dari transaksi antara Bangladesh dan Indonesia dalam pameran yang sebelumnya disebut mencapai Rp 4,3 triliun.

Baca Juga:  Dongkrak Ekspor, Presiden Terus Pangkas Perizinan

“Pokoknya kita dapat transaksi hampir US$ 179,79 miliar atau Rp 4,3 triliun antar ke 2 negara (RI-Bangladesh),” tandasnya.(net/hp)

Bus Indonesia ekspor

Penulis: 
    author

    Posting Terkait