RS Keliling Pemprov Lampung Tangani Ribuan Pasien

 

RS Keliling Pemprov Lampung Tangani Ribuan Pasien

Foto: Istimewa

BANDAR LAMPUNG – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Kesehatan, terus menggulirkan pelayanan Rumah Sakit Keliling atau Mobile Clinic untuk masyarakat di daerah otonomi baru yang belum memiliki rumah sakit agar mendapat pelayanan kesehatan.

Humas Dinas Kesehatan Lampung, Asih Hendrastuti, menjelaskan, Rumah Sakit Keliling adalah salah satu terobosan untuk tercapainya kualitas pelayanan kesehatan rujukan dan spesialistik (pelayanan dokter spesialis) yang bermutu, merata, dan terjangkau.

RS Keliling ini juga dapat digunakan sebagai sarana kesehatan spesialistik pada daerah rawan bencana.

“Sejatinya pelayanan ini sudah diluncurkan sejak tahun 2015 lalu. Untuk menjangkau daerah-daerah terpencil atau daerah wilayah DTPK (daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan) serta daerah prioritas lainnya,” jelasnya, Jumat (18/5).

Baca Juga:  Rumah Sakit Keliling Pelayanan Terbaik Menuju Lampung Sehat

Kata Asih, sejak tahun 2015, kunjungan pasien pada pelayanan spesialis bedah, tindakan bedah, THT, operasi THT, dan radiologi RS Keliling di daerah otonomi baru (DOB), daerah bencana, daerah terpencil (remote area), dan daerah yang sulit terjangkau akses di Provinsi Lampung menunjukan hasil yang positif.

Pada tahun 2015, tercatat 98 orang dilakukan spesialis bedah, 26 operasi, 40 THT, 9 operasi THT, dan 41 orang radiologi. Tahun 2016, 124 orang kunjungan spesialis bedah, 30 operasi, 63 THT, 59 operasi THT, dan 50 radiologi. Dan pada tahun 2017, ada 307 kunjungan bedah, 67 operasi, 130 THT, 9 operasi THT, dan 109 radiologi.

Baca Juga:  Dinas Kesehatan Lampung Gelar Pameran Foto

Selain itu, inovasi RS Keliling ini terdiri dari 5 unit kendaraan, antara lain 2 unit untuk pemeriksaan umum, tindakan operasi, THT, kebidanan, pemeriksaan anak, penyakit dalam, ruang pemeriksaan dan tindakan operasi.

“Unit ini juga dilengkapi laboratorium serta bank darah. Unit kendaraan lainnya diperuntukkan sebagai ruang pemulihan pascaoperasi serta unit kendaraan operasional angkutan tenaga medis bagi dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat dan tenaga administrasi lainnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Lampung Bebas dari Kasus Penyakit Difteri

Pada 2016, berdasarkan Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 51, RS Keliling menerima penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jatim Expo.

Provinsi Lampung sendiri termasuk dalam 12 kategori provinsi yang melakukan inovasi dalam pelayanan publik melalui RS Keliling.

“Pelayanan Rumah Sakit Keliling ini telah melayani 1.464 pasien pada tahun 2015, 3.841 pasien di tahun 2016 dan 3.724 pasien pada 2017,” tandasnya. (ZN)

930 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Dinas Kesehatan Lampung RS Keliling Pemprov Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan