Rumah Sakit Patok Biaya Jutaan Untuk Tes PCR

Bandar Lampung-Mahalnya tes  swab covid-19  menjadi salah satu kendala mendeteksi sekaligus penanganannya  di Lampung.  Karena sejumlah rumah sakit mematok biaya tes PCR hingga jutaan rupiah  sehingga menyulitkan warga menjalaninya.Padahal pandemi ini semakin massif dalam seminggu terakhir.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Bandar Lampung dr. Aditya M.Biomed  menjelaskan  bahwa proses dan perlengkapan menjadi faktor utama yang menyebabkannya, awalnya hanya diperlukan  cotton bud  untuk mengambil sample  di dalam  hidung dan  tenggorokan.lalu diletakan di dalam viral transport medium  dan disimpan di  lemari pendingin hingga  7 har.i

Kemudian kembali diproses pemeriksaan dengan tiga tahap  petama  menggunakan alat extraksi untuk mengeluarkan gen dari virus

“Setelah itu menggunakan alat preparasi  untuk menguatkan dan menambah gen virus  barulah  dimasukan ke mesin pcr ,dan untuk mengetahui hasilnya positif atau tidak  masih perlu waktu lagi hingga enam jam,”jelasnya.

Pada sisi lain  harga mesin PCR ini  mencapai miliaran rupiah , dan  Bandar Lampung hanya punya 4.

“Belum lagi ada biaya tambahan dalam hal keamanan  karena semua alat sisa pakai seperti pelindung diri   reagen  dan botol vtm harus dibakar,”urainya.

Untuk itu dia meminta pemerintah  mensubsidi agar warga tak dipungut biaya.Sehingga tim medis  bisa melaksanakan tes secara rutin dan terukur demi mendeteksi dan mencegah penularan lebih lanjut.

“Dan jangan sampai masyarakat berprinsip lebih takut pada harga tes yang mahal ketimbang mati lantaran tertular covid-19,”tandasnya.(Tom)

 

 

 

 

Tes PCR Mahal

Posting Terkait