Rycko Menoza: Pemuda Tak Boleh Mudah Dipecah Belah

Foto: dok.fajar sumatera

BANDARLAMPUNG – Pemuda tidak seharusnya mudah dipecah belah, apa yang di deklarasikan dalam Sumpah Pemuda, mustinya menjadi cara dalam berkarya walaupun dalam komunitas yang berbeda-beda jua.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila, Rycko Menoza, saat berdiskusi tentang “Pemuda dan Sosio-Nasionalisme” bersama Presenter Rismayanti Borthon, di program Spending Afternoon, Fajar Surya Televisi (FSTV), Kamis.

Menurut Rycko, masih banyak anak-anak muda yang memaknai nasionalisme hanya sebatas ceremony, tanpa peka terhadap lingkungan sekitar yang menjadi bagian dari nasionalisme itu sendiri.

Baca Juga:  Ketua Pemuda Pancasila Panjang Menyerahkan Diri

“Ilmu yang didapat dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi, secara umum memang sudah kita dapatkan, tapi bagaimana cara kita bermasyarakat secara luas, ini perlu ditingkatkan lagi,” kata mantan Bupati Lampung Selatan ini.

Dalam organisasi Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Lampung, dirinya mencoba menggiring pemuda untuk memenuhi standar tersebut. Pasalnya, PP sebagai bagian dari elemen pemuda yang saat ini menjadi organisasi masyarakat (ormas), memiliki tugas guna membentuk karakter pemuda yang mampu menjadi teladan.

Baca Juga:  Pembangunan Bandarlampung Belum Berpihak ke Rakyat

“Itulah kenapa, saya ingin membuat PP Lampung, menjadi ormas yang teladan. Salah satunya dengan kegiatan keagamaan. Program yang sudah sering digulirkan oleh PP ini, adalah salah satu cara untuk merubah pola pikir masyarakat bagaimana menyesuaikan pola hidup yang positif untuk anak muda,” kata Rycko.

Lanjut Rycko, berbicara nasionalisme dan pancasila, yang terpenting adalah “NKRI Harga Mati”. Karena semua orang Indonesia, tahu dan belajar sejarah, bahwa kemerdekaan didapat dari jasa para pahlawan bukan pemberian dari negara lain

Baca Juga:  Rycko Menoza & Sosio-Nasionalisme

“Jadi, sebagai pemuda harusnya kita belajar bagaimana cara bersaing dengan bangsa lain, tidak bangga diri. Namun, ikut dalam pembangunan untuk bersaing, kita ingin bangsa ini bergerak maju tidak mundur kebelakang,” tukas Rycko.(*)

Pemuda Pancasila Pilkada Bandarlampung Rycko Menoza

Posting Terkait