Saipul Bina Badan Permusyawaratan Kampung

 

BLAMBANGANUMPU-Sekkab Waykanan Saipul membuka pembinaan dan sosialisasi kepada Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) di Aula Dinas PMK, Kamis (16/11).

“BPK sebagai bagian dari pemerintahan kampung merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung,” kata sekkab.

Anggota BPK adalah wakil dari penduduk kampung berdasarkan keterwakilan wilayah. BPK bersama dengan kepala kampung berfungsi menetapkan peraturan kampung serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Dengan demikian maka pemerintahan kampung dituntut untuk mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

Baca Juga:  BPK Ajak Blogger Ikut Awasi Keuangan Negara

BPK secara umum mempunyai kewenangan, yaitu membahas rancangan peraturan kampung bersama kepala kampung, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan kampung dan peraturan kepala kampung.

Lalu, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala kampung, membentuk panitia pemilihan kepala kampung, serta menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Dalam implementasinya, pelaksanaan kewenangan tersebut tentu tidak harus berlebihan tetapi harus berlandaskan dengan norma peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kepada para anggota BPK diminta melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:  BPK Pungut Prona Rp1 Juta

Sebagai unsur pemerintahan kampung, kepala kampung dan BPK merupakan mitra.

Untuk itu harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di kampung.

Dalam rangka pelaksanaan kebijakan pemkab elalui alokasi dana kampung (ADD), agar kepala kampung dan BPK dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan ADD.

Sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dalam penggunaan keuangan, serta pengelolaannya dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

Baca Juga:  Saipul Buka Rapat Koordinasi

Menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di kampung baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat kampung secara keseluruhan.

Sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian kampung baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka mewujudkan Way Kanan Maju Dan Berdaya Saing 2021.

Guna mempersiapkan BPK yang professional maka dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui program pembinaan dan sosialisasi terhadap BPK.(*)

657 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

BPK Saipul Sekkab Way Kanan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan