Saipul Buka Diklat Produk Hukum

Blambanganumpu,-Sekkab Waykanan Saipul membuka pendidikan dan pelatihan (Diklat) teknis pembentukan produk hukum di Sanggar Kegiatan Belajar, Rabu (8/11).

“Membentuk peraturan daerah merupakan manifestasi dari otonomi daerah,” kata sekkab.
UUD1945, pasal 18, menjelaskan daerah otonom, selanjutnya disebut daerah, adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang  berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat  setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam bingkai NKRI.

Penyusunan produk hukum mempunyai arti penting dalam rangka menyamakan persepsi, peningkatan kinerja dan koordinasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.
Oleh karena itu, diharapkan dari peserta Pendidikan dan Pelatihan ini nantinya akan lebih terampil dan mampu menyusun/merancang suatu naskah produk hukum daerah yang baik, benar dan berkualitas, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena produk hukum daerah seperti Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah merupakan produk hukum yang sangat pokok dan mendasar dalam kegiatan pemerintahan, sekaligus dijadikan dasar atau acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Baca Juga:  Himpaudi Lamtim Gelar Diklat Berjenjang

Oleh sebab itu, setiap produk hukum daerah harus disusun dengan memperhatikan aspek filosofis, sosiologis dan yuridis, maka produk hukum tersebut akan efektif dalam penerapannya, dan tidak

bertentangan dengan ketertiban umum atau peraturan yang lebih tinggi. Disamping itu, harus pula diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyusunan, bentuk dan prosedur yang

Baca Juga:  110 Guru PAUD Ikuti Diklat

benar, sehingga produk hukum yang diterbitkan betul-betul baik, benar, aspiratif dan efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan Diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan bagi peserta dalam hal pembentukan produk hukum yang dibuat untuk mendukung kegiatan-kegiatan di SKPD.

Untuk itu saya berharap kepada peserta agar mengikuti Pendidikan dan Pelatihan ini sebaik-baiknya.

Baca Juga:  110 Guru PAUD Ikuti Diklat

Bertanyalah kepada Widyaiswara bila materi yang disampaikan kurang dipahami, sehingga kegiatan ini benar-benar membawa manfaat dalam rangka penyusunan Produk Hukum di lingkungan pemkab.(*)

573 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Diklat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan