Sarnubi Bersama Rakyat Lawan SGC

Murni | Fajar Sumatera

MENGGALA – Mantan Anggota DPRD Tulangbawang Sarnubi yang dulunya ikut berkompetisi dalam bursa Pilkada Tulangbawang bersaing dengan Winarti-Hendriwansyah turut perjuangkan hak ulayat masyarakat adat empat kampung yang dirampas PT SGC.

Bahkan Sarnubi didapuk menjadi Korlap Juru Bicara untuk sampaikan perihal penting terkait dengan gugatan masyarakat.

Menurut Sarnubi dirinya bersama Supri Bakou telah mendapatkan mandapatkan mandat dari masyarakat empat kampung, yakni Menggala, Gedung Meneng, Dente Teladas dan Gedung Aji.

Baca Juga:  Serobot Lahan Warga Tulang Bawang, Komisi II DPR RI Panggil PT SGC

Mandat tersebut ujar Sarnubi masyarakat mempercayakan dan serahkan sepenuhnya pengurusan lahan-lahan yang selama 20 tahun dirampas oleh SGC.

“Total ada sekitar 20,ribu hektare tanah ulayat milik masyarakat empat kampung yang sama sekali belum diselesaikan atau diganti rugi oleh pihak perusahaan padahal lahan-lahan tersebut sudah ditanami tebu,ratusan kali dipertanyakan malahan perusahaan selalu berkilah jika lahan tersebut masuk dalam HGU,”papar Sarnubi usai memimpin musyawarah terbuka masyarakat empat kampung, Rabu (18/09).

Baca Juga:  Laporkan ke Presiden Jika Konflik PT. SGC Tidak Ada Titik Temu

Dijelaskan Sarnubi,berbagai langkah dan upaya telah pihaknya tempuh untuk menemukan solusi terkait kejelasan hak ulayat tersebut.

Namun, aku Sarnubi,perjuangan-perjuangan tersebut selalu terhalang oleh kokohnya tembok Sugar Group Companies.

“Melalui Pemerintah daerah dan provinsi sudah kami lakukan,bahkan bersama masyarakat berkali-kali mengelar aksi damai menuntut keadilan,tapi tetap saja menemui jalan terjal,mungkin becking sangat kuat sehingga sulit ditembus,”keluhnya.

Baca Juga:  Launching Buku Konflik Lahan Perkebunan PT SGC

Kendati demikian lanjut Sarnubi,pihanya bersama masyarakat tidak akan mundur perjuangkan hak yang dirampok SGC.

Pihaknya tegas Sarnubi,telah merangkul Tim Advokasi dari lembaga Advokasi Rakyat Untuk Nusantara (Arun) langsung ke DPP.

“Jadi kami sudah sepakat tunjuk DPP Arun untuk memediasi masyarakat dengan SGC,namun jika sampai pada bulan oktober masih tidak ada kejelasan maka jangan salahkan kami jika kami akan turun kelokasi PT.SGC untuk menguasai fisik lahan,” ancamnya.(MURNI)

PT. SGC Rakyat Lawan SGC Sarnubi

Posting Terkait