Satgas Damkar Tuba Diminta Siaga Karhutla

Murni | Fajar Sumatera

MENGGALA-Bupati Tulangbawang Hj Winarti meminta kepada seluruh Satuan unit petugas pemadam kebakaran Pemkab Tulangbawang agar selalu siap siaga dan aktip selama 24 jam selama musim kemarau panjang tahun ini berlangsung.

Hal tersebut guna mengantisipasi Karhutla akibat kemarau panjang yang saat ini masih melanda indonesia khusunya kabupaten tulangbawang.

Bupati Winarti mengatakan jika dalam tahun 2019 ini diirnya memprediksi jika musim kemarau di Tulangbawang akan berlangsung lumayan panjang dari tahun tahun sebelumnya.

Sebab menurut Winarti sampai saat ini daerah Tulangbawang khusunya di pusat perkotaan Menggala Tulangbawang belum juga terdapat tanda tanda akan turun dan datangnya hujan.

Baca Juga:  AML Gelar Aksi Melawan Asap

“Jadi jangankan mau turun hujan tanda tandanya saja seperti cuaca mendung itu tidak ada sama sekali di daerah Tulangbawang padahal kita semua pihak sudah melakukan sholat rutin agar turun hujan Namun mungkin memang belum saatnya hujan,” ucapnya.

Oleh karena itu Winarti menerangkan mengingat Kabuapten Tulangbawang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak sekali hutan dan perkebunan.

Ditambah lagi Lanjut Winarti daerah Tulangbawang padad akan penduduk namun dengan kondisi bangunan rumah yang kurang layak huni khususnya di daerah pedalaman.

“Maka yang namanya musibah kebakaran sangat rawan sekali apalagi semua itu ada di daerah pedalaman bukan di pusat perkotaan yang notabenya jauh dari jangkauan dan fasilitas lainya,” terangnya.

Baca Juga:  Winarti Ancam Pecat Camat Penghambat Pelayanan

Jadi Winarti menjelaskan guna mengantisipasi akan terjadinya tindakan atau hal hal yang tidak di inginkan khususnya selama musim kemarau dalam tahun ini maka diirnya meminta kepada leading sektor terkait kshusnsya dalam hal ini satuan unit petugas pemadam kebakaran Pemkab Tulangbawang agar dapat siaga dan selalu siap selama 24 jam memantau sekaligus melakukan kegiatan Monitoring di setiap setiap daerah Tulangbawang.

Khususnya di daerah pedalaman Lanjut Winarti mengingat semua daerah pedalaman se Tulangbawang selain dalam keadaaan yang rawan juga sangat gampang terkena hal hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga:  50 Persen Penerima PKH di Tulangbawang Dicabut

“Jadi bila perlu bentuk tim khusus untuk di tugaskan di daerah yang kita anggap rawan supaya apabila ada hal hal tersebut bisa langsung teratasi tidak perlu lagi kita mencari bantuan kesana kesini sebab dengan begitu maka apabila ada kebakaran tidak akan merambat atau menjalar ke mana mana sehingga semua aman dan bisa teratasi,”ujarnya.

Sementara Kasat Pol-PP setempat Tuhir Alam mengaku jika puluhan unit mobil dan petugas pemadam siap jika sewaktu-waktu ada laporan kebakaran.

“Anggota unit pemadam kebakaran siap 24 jam,jika ada kejadian kebakaran silahkan laporkan melalui nomor telpon khusus 072621113,pasti anggota akan meluncur kalokasi,”singkatnya. (MURNI)

Damkar Tuba Karhutla Winarti

Posting Terkait