Sebanyak 856 KK Di Desa Pujorahayu Menerima Daging Kurban Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Pesawaran (FS) – Sebanyak 856 kepala keluarga (KK) di tiga dusun Desa Pujorahayu, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran menerima daging kurban dari panitia kurban pada perayaan hari raya adha 1441 di tahun 2020.

“Sebelumnya panitia kurban sudah mendata warga yang akan menerima daging kurban dari panitia pemotongan kurban hari raya idul Adha 1441Hijiriah atau tahun 2020, datanya sekitar 856 KK,” kata Carik Desa Pujorahayu, Suwanto mewakili Kepala Desa Pujorahayu, Budi kepada awak media “Fajar Sumatra” di kediamanya, Sabtu (1/8/2020)

Ia menjelaskan, hewan kurban berasal dari inisiatif warga, meyiapkan hewan kurban dengan cara iuran dan sebagian lagi merupakan sumbangan warga pribadi yang pada Idul Adha tahun ini.

“Tapi pembagian tentu kita mendahulukan kaum dhuafa dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan,”jelasnya.

hewan kurban yang di potong, kata dia, merupakan sapi jenis limosin sebanyak 4 ekor dan 20 ekor kambing telah kita realisasikan kepada warga oleh panitia kurban tadi pagi, Sabtu (1/8/2020)

Panitia penyembelih, lanjut Suwanto, memutuskan untuk tidak melakukan penyembelihan hari Jumat, karena pertimbangan waktu yang terbatas mengingat ibadah sholat jumat.

“Panitia mau Jumatan dan segala macam jadi agak repot kalau disembelih hari Jumat makanya kita putuskan hari Sabtu pagi tadi,” paparnya.

Suwanto menambahkan, pembagian daging kurban itu telah dibagikan langsung oleh panitia ke rumah-rumah warga yang telah ditetapkan sebagai penerima.
Hal tersebut untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah kerumunan massa yang berpotensi menularkan virus corona jenis baru atau COVID-19.

“Hewan kurban yang disembelih itu dalam keadaan sehat dan telah memenuhi persyaratan sebagai hewan kurban,” tandasnya.

“Semoga pembagian daging ini sangat bermanfaat dan dapat meringankan beban mereka di hari Idul Adha, apa lagi dengan kondisi seperti ini (Covid-19),” pungkasnya. (Deni/Nal)

Posting Terkait