Sejumlah Desa di Pesawaran Ajukan Pencairan Dana Desa

Ilustrasi. (Ist)

GEDONGTATAAN – Dari 144 desa yang ada di Kabupaten Pesawaran, baru 45 desa yang telah mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap ke dua.

Kepala Bidang, Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pesawaran Jenny Ricardo di ruangan kerjanya Kamis (19/7).

“Sampai sejauh ini baru ada 45 dari 144 desa yang ada di Pesawaran yang telah mendapatkan rekomendasi dari camat untuk mencairkan dana desa,” jelasnya.

Baca Juga:  Kejati Siap Proses Penyelewengan Dana Desa

“Padahal DD Kabupaten Pesawaran telah turun sejak 23 Juni lalu namun belum semua desa siap untuk mencairkan dana desa tersebut,” timpalnya.

Untuk desa yang sudah siap tersebut, tersebar dari beberapa Kecamatan yang ada di Pesawaran.

“Rata-rata tiap kecamatan ada (siap dicairkan), ada yang semua kecamatan sudah siap desanya, ada yang satu kecamatan satu”, ujar Jenny.

Untuk besarannya sendiri tahap pertama sebesar 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen.

Baca Juga:  Aparat Didesak Tangani Kasus Dana Desa di Pekondoh Gedung

Ketika disinggung mengenai hal yang mungkin memberatkan desa untuk memenuhinya syarat pengajuan pencairan Jenny mengungkapkan tidak ada persyaratan yang terlalu rumit menurutnya. “Hanya saja untuk sekarang tiap desa harus menyelesaikan laporan pertanggung jawaban tahap pertama terlebih dahulu baru bisa melakukan pengajuan pencairan kembali,” jelasnya.

Selain itu Jenny juga mengungkapkan untuk sekarang Pemkab Pesawaran juga telah menerapkan aplikasi baru, sistim keuangan desa (SISKEUDES).

Baca Juga:  Pemdes Wajib Pasang Papan Informasi Penggunaan Dana Desa

“Ya sekarang kan kita sudah pakai siskeudes, sekarang lagi masa peralihan dari manual ke aplikasi, jadi ada sebagian desa yang mungkin masih adaptasi dengan aplikasi baru ini. Tapi pada intinya aplikasi ini mendukung kita mungkin karena ini baru diterapkan makanya butuh waktu untuk memahami aplikasi tersebut,” tutupnya. (MH/PS)

380 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Dana Desa

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan