Sejumlah Wilayah Menggala Tulang Bawang Direndam Banjir

Sejumlah Wilayah Menggala Tulang Bawang Direndam Banjir

Sejumlah Wilayah Menggala Tulang Bawang Direndam Banjir.

TULANG BAWANG – SETELAH Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Barat, kali ini  giliran Kabupaten Tulangbawang di serang Banjir, sejumlah kampung di wilayah Kecamatan Menggala terendam banjir.

Air setingi lutut hingga  pinggang orang dewasa mengenanggi halaman ratusan rumah penduduk di empat RT yang berada di Kampung Bugis, dan Kampung Palembang, Kelurahan Menggala Kota, Kecamatan Menggala.

Menurut Ketua RT 01 Lingkungan Bugis, Abdullah, menjelaskan jika sampai saat ini tidak ada laporan jika warga mengalami kerugian akibat banjir.

Sebab kata Abdullah, pihaknya dan warga memang telah memprediksi jika banjir dipastikan akan datang,itu karena sejak Sabtu (3/3/2018) , Air perlahan terlihat mulai naik mengenanggi pemukiman.

“Warga memang sudah waspada sampai hari ini tidak ada korban ataupun kerugian materi, sebelum banjir datang, masing-masing warga memang sudah siap-siap,seluruh ternak maupun perabotan yang ada di halaman rumah telah dibawa dititipkan dengan kerabat,”terangnya, Sabtu (3/3/2018) kemarin.

Menurut Abdullah,  banjir yang melanda Kampung Bugis, Palembang, dan sekitarnya berasal dari luapan Sungai Tulang Bawang akibat adanya curahan hujan dari hulu sungai.

Artinya lanjut Abdullah, walaupun Kabupaten Tulang Bawang tidak di guyur hujan namun banjir akan tetap datang, karena hulu sungai mulai Way Kiri Tulangbawang Barat,  dan Way Kanan, serta Lampung Utara.

“Kebetulan kampung kami ini hanya berjarak sekitar 500,meter dari bibir sungai Tulangbawang ditambah dua titik saluran pembuangan yakni saluran pada jembatan muhajirin,dan saluran jembatan way buluran telah dangkal,tidak lagi bisa menampung debit air akibatnya air mengenagi pemukiman penduduk, “jelasnya.

Sampai hari ini air secara perlahan terus merangkak naik,seluruh rumah penduduk lingkungan bugis tergenang banjir, sementara lingkungan Palembang hanya rumah warga yang berada di buluran yang terkena banjir, namun tidak ada satupun warga yang mengungsi, mereka tetap bertahan dirumah masing-masing itu karena rata-rata rumah warga merupakan rumah panggung,untuk tetap beraktivitas warga membuat jembatan, dan mengunakan perahu untuk ke jalan raya.

Untuk sementara jalan lintas timur masih aman dilewati,oleh para pengendara, namun harus tetap waspada, karena titik rawan berada di wilayah Cakat,menggala timur lokasinya pas dibawah tanjakan cakat, dan SPBU,  sewaktu-waktu air naik maka dipastikan akan mengenagi jalan raya, sebab pada titik tersebut berada di dataran rendah. (MR)

692 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Menggala Tulang Bawang Direndam Banjir

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan