Sejumlah Wisata Purworejo Tenggelam Nyaris Kehilangan Pengunjung

Foto: Ist

PURWOREJO– Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Purworejo mengalami jumlah penurunan wisatawan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan tidak sedikit obyek wisata tenggelam kehilangan pengunjungnya pada musim Lebaran tahun 2019. Seperti destinasi Gunung Kunir di Desa Wisata Benowo, Kecamatan Bener. Di musim Lebaran tahun ini, wisatawan yang berkunjung di Desa Benowo nyaris tidak.

Selain Gunung Kunir, wisata Geger Menjangan, Pantai Jatikontal, Desa Wisata Somongari, Wahana Obutbound Dewi Mas, Watusalang Sukowuwuh, dan Desa Wisata Jogoboyo pun mengalami jumlah penurunan pengunjung.

Padahal sebelumnya sejumlah obyek wisata tersebut pernah menjadi primadona yang  wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah Purworejo.

Sepinya destinasi wisata Gunung Kunir tak dipungkiri oleh Sahal Fatah, salah satu pengelola wisata setempat. Saat dikonfirmasi, ia membenarkan bahwa dimusim libur Lebaran tahun ini, obyek wisata andalan Desa Benowo tersebut kehilangan peminatnya.

Untuk tahun lebaran ini hanya didatangi oleh beberapa orang saja, dapat dihitung dengan jari. Padahal tahun sebelumya dimomen yang sama Idul Fitri pengunjung mencapai 2.000an orang lebih,” kata Fatah, Jumat siang.

Beberapa faktor, Fatah bilang, menjadi salah satu penyebab anjloknya jumlah wisatawan datang ke Desa Benowo. Salah satu faktor yang paling menjadi kendala adalah sulitnya akses menuju wisata tersebut. Selain jarak tempuh yang cukup jauh, infrastruktur jalan yang rusak menjadi penyebab utama.

Faktor internal dari dalam Kelompok Sadar Wisata Benowo itu sendiri menjadi sebab. Akhir-akhir ini disadari bahwa pegiat wisat lesu untuk mempercantik kembali kawasan Gunung Kunir. Hal itu tidak lain lantaran sebab sepinya pengunjung lantaran sulitnya akses jalan menuju Desa Benowo.

Padahal pemerintah sering menjanjikan akan memperlebar dan akan memperbaiki akses jalan ke Benowo, tapi sampai saat ini belum juga tersentuh,” keluh Fatah.

Selain itu juga, pengunjung wisata Gunung Kunir ini adalah rata-rata pengunjung khusus yang hanya datang ketika ingin melihat keindahan matahari terbit,” imbuhnya.

Selain Gunung Kunir, menurut data Laporan Kunjungan Wisatawan Event Lebaran Tahun 2019 Dinparbud Kabupaten Purworejo, beberapa obyek wisata lain, seperti Pantai Ketawang mengalami penurunan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Tercatat, dari jumlah 87.448 pengunjung tahun lalu, kini dimusim Lebaran tahun 2019 Pantai Ketawang hanya mampu menggaet 5.573 pengunjung.

Obyek Wisata Curug Muncar hanya dikunjungi oleh 435 orang setelah dimusim Lebaran tahun lalu mampu mengeruk 2.847 wisatawan. Outbound Dewi Mas Kano juga mengalami jumlah penurunan, ditahun sebelumnya mencapai 2.315 kini hanya didatangi oleh 520 pengunjung.

Obyek Watusalang Desa Sukowuwuh pun mengalami hal serupa, hits ditahun 2018 lalu, tahun ini jumlah pengunjung mengalami penyusutasn sebanyak 66,57 persen pengunjung. Pun demikian dengan obyek wisata Curug Muncar yang mengalami prosentase penurunan pengunjung hingga 84,72 persen ditahun ini.

Bahkan, sejumlah wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo sendiri pun mengalami penyusutan jumlah pelancong.

Seperti wahana Kolan Renang Arta Tirta yang dikunjungi oleh 9.033 pengunjung, padahal di tahun sebelumnya jumlah wisatawan mencapai 24.559 orang. Goa Seplawan hanya mampu menggaet 3.128 pengunjung, dan wisata alam Geger Menjangan yang hanya dikunjungi oleh 232 orang saat musim Lebaran tahun ini.

Ada beberapa yang belum melaporkan jumlah pengunjungnya dan laporan secara lengkap,” kata Kepala Dinparbud Purworejo, Agung Wibowo AP.

Agung menjelaskan, peningkatan jumlah pengunjung wisatawan secara umum pada tahun Lebaran ini lantaran bertambahnya jumlah Desa Wisata yang dikelola secara mandiri oleh desa. Jumlahnya cukup banyak dan mampu menjadi destinasi baru yang diminati warga serta meningkat pesatnya jumlah pengunjung Alun-alun Purworejo. (MAS)

Gunung Kunir Wisata Purworejo

Posting Terkait