Sekda Pimpin Rapat Mediasi Sengketa Pilkakam 2021

Way kanan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Rapat Mediasi Perselisihan Sengketa Pilkakam Kampung Bukit Batu Kecamatan Kasui, di Ruang Rapat Sekda yang dihadiri oleh perwakilan Kodim 0427/Wk,kasat Reskrim Polres Way Kanan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Selan, S.Sos.,M.M,kadis PMK Ikhwan ahmadi. Rabu,(02/06/2021)

Dalam rapat tersebut membahas terkait perselisihan suara pilkakam yang terjadi di kampung Bukit Batu, kecamatan Kasui kabupaten Way Kanan, hal tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang dimuat dalam Pasal 60 yang berbunyi.

Dalam hal terjadi perselisihan hasil pemilihan Kepala Kampung, Bupati menyelesaikan perselisihan dalam jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya laporan perselisihan.

Perselisihan hasil Pemilihan Kepala Kampung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya terkait dengan perselisihan mengenai jumlah Surat suara yang diterima Panitia Pemilihan Kampung yaitu surat suara yang dipergunakan oleh Panitia Pemilihan Kampung. Surat suara yang tidak dipergunakan oleh Panitia Pemilihan Kampung, antara lain Surat suara yang rusak, Perolehan suara calon Kepala Kampung, Surat suara yang sah dan Surat suara yang tidak sah.

Dalam hal terjadi perselisihan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), pihak yang berselisih menyampaikan permasalahan kepala Panitia Kampung.

Panitia Kampung sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menyampaikan laporan permasalahan kepala Panitia Kabupaten serta.

Penyelesaian perselisihan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kabupaten.

Usai rapat salah satu panitia pilkakam di kampung bukit batu Amir (40) menjelaskan bahwa kurangnya pemahaman yang mana di pertanyakan oleh pihak calon kakam no urut 01 kesempatan yang disepakati bersama pada malam tanggal 27, kala itu menyepakati bersama untuk tidak ada kemenangan dan ini dibuat maka akan ada pemenangnya itu yg jadi masalahnya.

“kurangnya pemahaman yang mana di pertanyakan oleh pihak calon kakam no urut 01 kesempatan yang disepakati bersama pada malam tanggal 27 kala itu menyepakati bersama untuk tidak ada kemenangan dan ini dibuat maka akan ada pemenangnya itu yg jadi masalahnya” ujar Amir.

Amir pun berharap kepada pemerintah kabupaten Way kanan agar bisa melakukan pemilihan ulang itu demi keamanan bersama.

Hingga berita ini di turunkan belum ada hasil dari pertemuan rapat mediasi tersebut.
(Hendri/Habibi)

Posting Terkait