Sekdakab Way Kanan Launching Penyaluran Bansos Rastra 2018

Sekdakab Way Kanan Launching Penyaluran Bansos Rastra 2018

Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, melaunching bantuan sosial beras sejahtera di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan, Rabu (31/1/2018). Foto: Deni/fajarsumatera.co.id

WAY KANAN – PEMERINTAH Kabupaten Way Kanan secara resmi meluncurkan bantuan sosial beras sejahtera tahun 2018. Program bantuan sosial dalam bentuk beras berkualitas medium diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejumlah 10 kg setiap bulannya tanpa dikenakan harga/biaya tebus. Hal ini merupakan transformasi program subsidi beras sejahtera dan subsidi raskin.

“Tahun 2017 untuk mendapatkan satu kilogram beras dibutuhkan tebusan dari keluarga penerima manfaat rastra sebesar Rp 1.600 sedangkan pada tahun 2018 ini sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, mewakili Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan, Rabu (31/1/2018).

Pada 2017 lalu, KPM rastra mendapatkan jatah 15 kg per bulan, untuk tahun 2018 ini setiap keluarga hanya mendapatkan jatah 10 kg per bulan.

“Hal tersebutlah yang menjadi tugas berat kepala kampung/lurah, untuk menyalurkan bantuan sosial rastra dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Bantuan sosial beras sejahtera, sambungnya, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan dan juga wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah.

“Mentalitas kemiskinan yang ada di dalam kehidupan kemasyarakatan harus segera dihilangkan, karena hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan, sebab bisa terjadi masyarakat yang lebih berhak mendapat bantuan sosial beras sejahtera namun tidak kebagian,” ujarnya.

Hal itu tentu dapat menimbulkan kecemburuan sosial, untuk mengantisipasi hal demikian diperlukan sosialisasi dan strategi yang tepat dari setiap aparat kampung maupun kelurahan untuk membuang jauh mentalitas kemiskinan warganya.

“Strategi dan cara tersebut tentu hanya bapak ibu kepala kampung/lurah yang lebih memahami kondisi di lapangan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Saipul mengajak stakeholder terkait untuk melakukan koordinasi secara baik dalam melaksanakan program bantuan sosial beras sejahtera, dimulai dari SKPD, kecamatan, kampung/kelurahan, dusun, sampai pada tingkat RT.

Hal ini dikarenakan adanya relevansi antara program bantuan sosial beras sejahtera terhadap kesejahteraan masyarakat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Way Kanan.

“Terima kasih juga kepada Perum Bulog yang telah hadir dalam acara Launching Bantuan Sosial Beras Sejahtera Kabupaten Way Kanan pada hari ini, yang selanjutnya akan mengemban tugas Penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera di Kabupaten Way Kanan sampai ke titik distribusi ke kampung-kampung dan kelurahan setiap bulannya,” lanjut Saipul.

Peluncuran bantuan sosial beras sejahtera tersebut dihadiri Ketua DPRD Nikman Karim, Kapolres Way Kanan AKBP Doni Wahyudi, Staf Ahli Bupati, asisten, Kepala SKPD, pimpinan PT Bulog Kabupaten Lampung Utara, Kepala Bagian Sekretariat Kabupaten dan Camat se-Kabupaten Way Kanan. (DA)

Bansos Rastra 2018

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan