Selat Sunda Bakal Jadi Kawasan Strategis Nasional

Bam | Fajar Sumatera

BANDARLAMPUNG – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) didampingi KPK, menggelar konsultasi publik bersama Pemerintah Provinsi Lampung, perihal rencana zonasi kawasan strategis nasional kawasan Selat Sunda, di ruang abung, Rabu (16/10).

Hal tersebut terkait rancangan peraturan presiden mengenai rencana zonasi kawasan strategis nasional kawasan selat sunda berdasarkan Undang Undang Nomor 32 tahun 2014, tentang ketentuan wilayah yang harus dibuat rencana zonasi.

Baca Juga:  KPK Amankan 7 Orang Terkait OTT Lampung Utara sampai Pagi ini

Direktur Perencanaan Ruang Laut KKP, Suharyanto, menjelaskan tujuan diadakannya konsultasi publik rencana zonasi kawasan strategis nasional Selat Sunda tersebut ialah untuk mengkomunikasikan kepada pemerintah daerah dan juga perwakilan-perwakilan kementerian lembaga terkait, mengenai apa saja yang akan diatur di dalam rencana zonasi strategis nasional Selat Sunda.

“Sehingga nantinya setelah menjadi peraturan presiden hal ini sudah menjadi selaras dan sinkron antara kepentingan nasional yang didukung oleh kepentingan yang ada di daerah,” jelas Suharyanto.

Baca Juga:  Setya Novanto Gugat KPK

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah No 26 Tahun 2008, tentang rencana tata ruang daerah nasional dan ditindak lanjuti dengan penetapan di Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2019.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Koordinasi Supervisi Pencegahan Koordinator Wilayah III KPK, Dian Patria, mengatakan, fungsi KPK dalam hal ini sebagai pencegahan dan memberikan triger dan koordinasi  kepada pemerintah.

Baca Juga:  BPK Perwakilan Lampung Beri Klarifikasi Soal Dugaan Keterlibatan Anak Buahnya Dalam Kasus Korupsi Lampung Utara

“Agar nantinya jangan sampai dalam perencanaan tersebut menimbulkan adanya pelanggaran-pelanggaran,” tegas Dian.(BM)

Kawasan Strategis Nasional KKP KPK Selat sunda

Posting Terkait