Seluruh Panwascam Bandarlampung Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Penandatangan kerjasama Bawaslu Kota Bandarlampung dengan BPJS Ketenagakerjaan | Foto: istimewa

BANDARLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandarlampung sepakat menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang pelaksanaan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk Pengawas Pemilihan Kecamtan (Panwascam) se-Kota Bandarlampung

Penandatanganan MoU berlangsung di Aula Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Bandarlampung, Kamis (13/2) dihadiri Ketua dan Anggota serta Koordinator Sekretariat dan Jajaran Sekretariat Bawaslu Kota Bandarlampung.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Ikut Sertakan Pegawai Harian Lepas dalam BPJS Ketenagakerjaan

Pimpinan Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Bandarlampung Widodo menjelaskan tentang Perbedaan BPJS Umum dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Saat ini¬† BPJS Ketenagakerjaan disosialisasikan penyebutannya sebagai BP Jamsostek. Program-program BP Jamsostek khususnya untuk Pengawas Pemilu yakni ada jaminan kecelakaan kerja dan juga jaminan kematian. Apabila Pengawas Pemilu mengalami Kecelakaan saat melaksanakan tugas ada jaminan perolehan pengobatan sampai sembuh dan jika Pengawas Pemilu dalam melaksanakan tugasnya meninggal dunia maka akan mendapat Santunan senilai Rp120 juta,” kata Widodo.

Baca Juga:  32 Calon PPS Bandarlampung Diduga Bermasalah

Kemudian ahli waris yang ditinggalkan masih sekolah dan belum menikah mendapatkan beasiswa sampai S1 senilai Rp174 juta. Dan dijelaskan juga apabila Pengawas Pemilu mendapati kecelakaan diluar tugas kerja tetap mendapatkan jaminan senilai Rp42 juta.

Widodo juga menyampaikan, BP Jamsostek akan memberikan kepastian, kenyamanan dan keamanan Panwascam.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah mendukung kerjasama tersebut. Dia menjelaskan  secara umum bagaimana system kerja Pengawas Pemilu yakni siap bekerja penuh waktu, apalagi sudah mulai tahapan Pilkada 2020 khusunya Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung Tahun 2020 juga saat hari H Pelaksanaannya.

Baca Juga:  Pengusaha Wajib Daftarkan Buruh ke BPJS Ketenagakerjaan

“Harapan kami semua pengawas Pemilu selalu sehat, bekerja dengan baik tanpa ada hal yang tidak kita inginkan, namun sudah sepatutnya juga kita berjaga-jaga karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok,” tegasnya. (JO)

 

Bawaslu Bandarlampung BPJS Ketenagakerjaan Panwascam Bandarlampung

Posting Terkait