Semen Baturaja Ekspor Perdana

ist

BANDARLAMPUNG—Sejak berdiri pada 1974, untuk pertama kalinya, PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk melakukan ekspor produk semen setengah jadi (klinker) ke Australia. Kapal pengangkut dilepas pada Rabu (9/5) dari Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Bulwer Island, Brisbane, Australia.

Direktur Utama Semen Baturaja (SMBR), Rahmad Pribadi mengatakan, ekspor perdana ini merupakan uji pengiriman (trial cargo) dengan volume sebesar 30 ribu metrik ton dengan nilai sekitar 1 juta dolar AS.

“Kalau trial cargo ini berhasil dengan baik akan diikuti dengan kontrak jangka panjang,” kata dia.

PT Sucofindo (Persero) menjadi lembaga yang ditunjuk Semen Baturaja sebagai surveyor yang melakukan pengambilan sampling dan analisis klinker yang akan diekspor. Sementara PT Pelindo II (Persero) cabang Panjang, Lampung berperan sebagai jasa stevedoring dan trucking di Pelabuhan Panjang.

Rahmad menuturkan, eskpor klinker merupakan langkah strategis perseroan untuk mengantisipasi kelebihan pasokan (over supply) semen di Indonesia. Disamping untuk meningkatkan utilisasi pabrik yang ada dan menyiasati pelemahan kurs rupiah.

“Inilah momen yang tepat (dolar menguat) untuk melakukan ekspor,” tukasnya.(*)

semen baturaja ekspor perdana

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan