Sepakat Pemindahan Ibukota Negara, Ridho Ajak Kaji Lebih dalam

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (foto ist)

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo sepakat atas pemindahan Ibukota Negara beralih ke Lampung. Tapi ia mengingatkan agar diperlukan sebuah kajian mendalam atas peran serta masyarakat dan budaya Lampung, agar tidak tergerus seperti halnya orang Betawi di Jakarta.

Gubernur muda ini mempunyai rasa kekhawatiran tersendiri terhadap masa depan generasi muda Lampung. Menurut Ridho, untuk menetapkan Lampung sebagai ibu kota perlu dilakukan pengkajian yang mendasar yakni kesiapan dari sumber daya manusianya.

Baca Juga:  Kapolri Tito Akan Hadiri Pagelaran Adat Kerajaan Skala Brak

Sebab kata dia, hakikat pembangunan Indonesia iyalah membangun manusia Indonesia seutuhnya. Dirinya tak ingin nasib yang dirasakan oleh anak suku Betawi saat ini terjadi pada generasi muda Lampung dimana tidak mendapat “panggung” dalam pesatnya kemajuan ekonomi.

“Ketika itu (ibu kota) terjadi di Lampung, Lampung jelas akan maju bahkan gemerlap. Namun pertanyaannya sederhana, kalau ibu kota dipindahkan ke Lampung, apakah anak Lampung akan menjadi seperti anak Betawi. Itu harus ada kajiannya sendiri sebelum kita melangkah ke sana,” ungkap Ridho saat diwawancara di lingkungan kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (22/5).

Baca Juga:  Dendi Apresiasi Program Lampung Terang di Pahawang

Dikatakannya, jika berbicara kecocokkan maka bisa saja dicari segala macam kecocokannya. Hal yang perlu dipikirkan adalah bagaimana nasib anak Lampung kedepan jika kemudian semakin banyak uang yang masuk, orang pintar masuk tapi ternyata anak Lampung terpinggirkan.

“Jadi jangan sampai kita melangkah tetapi bunuh diri untuk masa depan Provinsi Lampung. Lampung pasti maju dan gemerlap seperti Jakarta, tapi dimana anak Betawi saat ini. Apakah ada jaminan bahwa anak Lampung tidak tersingkir. Kalau itu ada kajiannya dan kita meyakini itu kita boleh masuk ke step berikutnya,” katanya.

Baca Juga:  Kelebihan Suara Tunda Kemenangan Yusvalian

“Jadi perlu dikaji dulu yang mendasar. Karena bicara kepentingan Lampung sebagai Kepala Daerah saya bertanggung jawab terhadap masyarakat Lampung, masa depan generasi Lampung,” pungkasnya.

Akan tetapi dirinya sangat mendukung ketika Lampung menjadi ibu kota, ada jaminan akan jauh lebih baik untuk masyarakat Lampung di masa yang akan datang. (TS)

#dkilampung Ibukota Negara Lampung Pemindahan Ibukota

Posting Terkait