Sepi Job, Pekerja Seni Demo di Kantor Bupati

Sukadana – (FS), Ratusan orang Pekerja Seni Se – Kabupaten Lampung Timur, yang terdiri dari para tukang tarub hajatan, pemilik sound sistem hiburan, tukang orgen, MC, rombongan seni kuda lumping, hingga biduan,
melakukan demo di depan Kantor Bupati Lampung Timur, Rabu (29/7/2020).

Eni, salah seorang biduan di Lampung Timur yang ikut dalam demo tersebut, mengungkapkan harapannya untuk bisa kembali manggung.

Eni curhat bahwa sejak Maret atau ketika pandemi melanda, dirinya tak bisa bekerja mengais rezeki lantaran sepi job.

“Sudah awal maret kami para pekerja seni tak bisa bekerja. Anak kami kelaparan pak Bupati. Tolong dong pak!!,” ujar Eni, salah seorang biduan organ asal Kecamatan Batanghari.

Sementara itu, dalam orasinya, ada beberapa tuntutan yang disampaikan para pekerja seni tersebut untuk Bupati Lampung Timur sebagai Ketua Gugus Tugas sekaligus pemegang kebijakan di masa Pandemi.

Mereka meminta agar izin keramain dapat diperbolehkan kembali. Kemudian, diberikan kelonggaran agar mereka dapat bekerja sebagai penggiat seni, serta meminta adanya kebijakan kepada seluruh penggiat Seni untuk keberlangsungan kehidupan keluarga mereka.

Koordinator aksi, Suherman mengungkapkan bahwa mereka siap untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ia juga mempertanyakan terkait sejumlah kegiatan mengundang kerumunan yang dilakukan Pemkab Lampung Timur seperti lomba senam.

“Kami pun siap menjalankan protokol kesehatan dan aturan dari pemerintah jika tuntutan kami di setujui,” ujar Suherman.

Asisten 1 Pemkab Lampung Timur Syahmin Saleh yang menemui perwakilan pengunjuk rasa mengungkapkan bahwa pihaknya akan membahas terkait tuntutan para pekerja seni tersebut dalam rapat bersama Forkopimda awal Agustus mendatang.

“Bupati sedang ada acara di luar kota. Kita sudah terima semua aspirasi mereka. Kita akan desak rapat seluruh Forkopimda untuk mengambil keputusan melalui kajian-kajian yang tepat dalam keadaan seperti ini,” ujar Syahmin Saleh.

Mendapat jawaban tersebut, para pekerja seni yang melakukan unjuk rasa tersebut merasa tak puas. Dari ungkapan beberapa koordinator aksi, mereka akan datang kembali ke Pemkab Lampung Timur dengan mengajak seluruh Komunitas Pekerja Seni se-Lampung Timur dengan jumlah yang lebih banyak. (Rusman)

Posting Terkait