Sholat Ied Karang Rejo Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Pesawaran (FS)- Kepala Desa Karang Rejo, Sutris Edi bersama ratusan warganya yang tersebar di sejumlah dusun Desa Karang Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 Hijriyah di Masjid Istiqmal dengan Imam Bapak Hi. Muhamad Barudin dan Masjid Mitha Unazah yang di imami oleh Kyai Sholehan di desa setempat.

Kepala Desa Karang Rejo, Sutris Edi mengatakan, meski dalam suasana di selimuti Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan itikad dan niat yang kuat bagi warga Desa Karang Rejo untuk melaksanakan sholat ied.

“Tapi sebelum melaksanakan sholat idul adha, saya dan para jamaah lainya mengumandangkan tahmid tahlil dan Takbir yang di Pimpin Bapak Hi. Muhamad Barudin,” katanya kepada “Fajar Sumatra” disela-sela pemotongan kurban, Minggu (1/8/2020)

Dikatakan Edi, dalam pelaksanaan Sholat Ied, menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran virus corona yang sedang melanda Indonesia.

“Pelaksanaan sholat ied berjalan lancar dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan. Para jemaah harus mengenakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak, tetap memjadi aturan protokol kesehatan,” ucapnya.

Hal tersebut, lanjut Edi, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun l44l H / 2O2O M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.

“Kita patut bersyukur di tengah Pandemi Covid kita masih bisa melaksanakan ibadah sholat Ied berjamaah dengan hikmad. Namun masih ada sejumlah daerah yang belum diperbolehkan sholat ied,” ungkap kades yang baru menjabat ini.

“Mudah-mudahan Allah SWT mengabulkan doa masyarakat Karangrejo agar terhindar dari Covid-19 dan mendapat keberkahan, dirinya juga mengatakan, pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha itu harus di syukuri.
Pasalnya, ibadah Shalat Idul Adha bisa dilaksanakan secara berjamaah tahun ini. Lain halnya saat pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Fitri kemarin.

Disamping pelaksanaan sholat ied,lanjut Edi, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, mengucapkan selamat hari raya idul adha 1441H kepada masyarakat Desa Karangrejo yang telah mendukung pembangunan di Kabupaten Pesawaran.

“Permohonan maaf bupati, jika ada kesalahan dan kehilapan selama 4 tahun menjabat mungkin ada kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah kurang pas untuk masyarakat Pesawaran, khususnya masyarakat Desa Karangrejo,” tutur Edi saat membacakan pesan-pesan bupati di hadapan para jamaah.

Dalam sambutannya tersebut, kata Edi, Dendi juga berharap agar masyarakat Desa Karangrejo serta Kecamatam Negeri Katons untuk tetap displin menerapkan protokol kesehatan. Diantaranya selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah aktifitas dan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat

“Kita cukup tahu Corona belum berakhir, termasuk di Pesawaran. Saya minta tolong pertahankan disiplin protokol kesehatan yang telah dilaksanakan di Desa Karangrejo, karena desa ini salah satu penerapan disiplin protokol kesehatan yang bagus,”terang Edi menyampaikan pesan dari Bupati Pesawaran.

Edi menjelaskan, bahwa di desanya telah melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 12 sapi dan 7 kambing yang pemotongannya dilakukan di Dusun 1 Desa Karangrejo.

” Hewan kurban sebanyak itu datangnya dari inisiatif warga sendiri yang berdasarkan musyawarah warga memutuskan untuk satu ekor sapi dibebankan iuran kepada 7 orang. Sekarang hewan kurban sudah direalisasikan kepada warga melalui panitia yang setiap rumah mendapatkan daging kurban sebanyak 1 kg,”beber Edi seraya ia menyebutkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban tahun ini sangat meningkat dibanding dengan tahun kemarin. (Dp/Nal)

Posting Terkait