Siapa Saja Jaksa yang Diperiksa Bidang Pengawasan Dari Kejari Kotabumi?

Dakwaan Koruptor RSUD Pesawaran: Satu Bukti Kejati Lampung Garang Dipimpin Diah Srikanti

Kantor Kejaksaan Tinggi Lampung.

Bandar Lampung – LSM-DPD Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara [LIPAN] Lampung Utara belakangan diketahui adalah pihak yang mengadukan para jaksa di Kejaksaan Negeri [Kejari] Kotabumi. Aduan itu ditindaklanjuti oleh Bidang Pengawasan pada Kejaksaan Tinggi [Kejati] Provinsi Lampung, Kamis lalu, 25 Juni 2020.

Dasar aduannya berangkat dari sejumlah kesaksian para pihak yang ada pada peristiwa persidangan korupsi Bupati Lampung Utara non aktif Agung Ilmu Mangkunegara yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Persidangan itu berlangsung di Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungkarang.

Menurut Ketua LSM-DPD LIPAN Lampung Utara Mintaria Gunadi, ia juga turut diperiksa. Ia menyatakan turut menyaksikan pemeriksaan kepada para jaksa yang dia adukan. Siapa saja jaksa yang diperiksa?

“Saya kebetulan diperiksa pertama. Sekitar dua jam lah. Dari jam, saya sampai di Kejati, jam 10.00 WIB. Habis pas kebetulan azan zuhur saya selesai [diperiksa],” aku Gunadi kepada Fajar Sumatera, Jumat, 26 Juni 2020. Gunadi menegaskan bahwa ia menyaksikan Fajar Sumatera ada di seputar kantor Kejati Provinsi Lampung. “Masa kalian nggak lihat saya? Kalian saya lihat memang ada di pos depan,” tutur Gunadi.

Gunadi membenarkan, poin pertanyaan kepadanya saat diperiksa adalah menyoal pemberitaan-pemberitaan dari media. Sebab, salah satu dasar aduan yang berujung pada pemeriksaan para jaksa Kejari Kotabumi dikatakannya mengutip produk jurnalistik.

“Iya. Semuanya itu kan kutipan dari pemberitaan Fajar Sumatera, Kompas. Karena berita itu saya lihat kan dari sebuah sidang. Kan nggak mungkin pas sidang orang berkata bohong, kan dia disumpah. Diambil keterangan kamu dalam keadaan sehat apa gimana. Kan nggak mungkin asal ngoceh kan?” aku Gunadi.

Lalu, berapa jumlah dan apa saja pertanyaan yang diajukan oleh jaksa pemeriksa bernama Rita Susanti kepada Gunadi?

“Ya cuma mempertanyakan dasar apa anda melaporkan. Ya saya bilang mereka ada penyelenggara negara dan saya adalah masyarakat yang turut dalam penyelenggaraan negara. Dan dari mana sumber-sumber yang anda peroleh? Saya sebutkan, artinya saya mengutip dari pemberitaan. Dan saya yakin dari dasar pemberitaan itu adalah benar,” ungkap Gunadi.

Siapa saja yang Gunadi saksikan menjalani pemeriksaan?

Hafidz, sudah itu David, si Donny, Renaldo. Pokoknya bidang intelijen itu diperiksa semua kemarin. Khusus bidang intelijen,” ungkapnya.

Penelusuran Fajar Sumatera, Hafidz adalah Kepala Seksi Intelijen. Jaksa lainnya yang juga bertugas di intelijen Kejari Kotabumi adalah jaksa Donny Amando; Kasubsi Bidang Intelijen Kejari Kotabumi David Andi; jaksa Renaldo Ramadhan. (Ricardo Hutabarat)

Agung Ilmu Mangkunegara DPD LIPAN Hafidz KPK

Posting Terkait