Sirekap Gantikan Situng

Bandar Lampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung sedang melakukan Uji Coba Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember Tahun 2020 mendatang.

Uji coba tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan pemungutan, perhitungan suara, sampai dengan tahapan rekap untuk memastikan kesiapan penggunaannya dalam penyelenggara Pilkada Serentak 9 2020 mendatang. “kita akan melakukan Uji Coba Aplikasi Sirekap,” Kata Dedy Triyadi selaku Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Jumat (23/10).

KPU Kota Bandar Lampung juga menjelaskan bahwa Aplikasi Sirekap ini berbasis Android yang merupakan alat bantu dan penyempurnaan dari Aplikasi SITUNG yang dilaksanakan dalam pemilihan-pemilihan sebelumnya.

Ia juga membedakan antara SITUNG dan Aplikasi Sirekap.

“kalau situng kan, ada C1 lalu di kumpulkan ke KPU dan KPU akan memasukan kedalam aplikasi SITUNG sedangkan Aplikasi Sirekap langsung dalam TPS itu memfoto lalu langsung masuk aplikasi Server KPU RI,” jelasnya.

Selain daripada itu, Aplikasi SITUNG tidak akan diakses lagi sebab sudah ada Aplikasi Sirekap yang akan digunakan KPPS.

“Aplikasi SITUNG udah diganti dengan Aplikasi Sirekap ini, besok ujicoba nya di Aula KPU Kota Bandar Lampung,” sambungnya.

Disinggung jaringan yang akan di akses KPPS untuk aplikasi Sirekap, KPU Kota Bandar Lampung sedang memetakan wilayah blankspot terkait Jaringan yang akan di akses KPPS. “kita sudah ada solusinya yaitu memetakannya,” tutupnya.(Yunus)

Posting Terkait