SMAN 3 Metro Jadi Rujukan Nasional untuk PKWU

SMAN 3 Kota Metro

SMAN 3 Kota Metro. (net)

METRO – SMAN 3 Kota Metro terpilih secara nasional dari 193 SMA rujukan se-Indonesia yang melaksanakan Pendidikan Kecakapan Wirausaha Unggulan (PKWU), dari bulan Juli 2017 lalu dengan kegiatan yakni, Seni membatik dan pembuatan aneka keripik.

“Anak-anak SMA tidak hanya dididik secara umum, namun dilatih juga dengan pendidikan khusus kewirausahawanan, karena tidak semua lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jadi mereka sudah punya bekal,” terang Ibnu Budi Cahya, Kepala SMAN 3 Kota Metro, di ruangkerjanya, Rabu (3/1/2017).

Ibnu juga mengatakan, hasil karya para siswanya melalui seni membatik dengan motif batik ciprat dan pembuatan aneka keripik dipajang melalui bazar yang digelar di halaman sekolah setempat pada bulan Desember 2017 lalu.

“Kalau hasil batiknya saya akui lumayan bagus termasuk desainnya mulai dari proses membatik sampai finishing, hasilnya kita pajang di Bazar pada Desember lalu. Kita hadirkan juga para orang tua siswa, agar mereka tahu hasil karya putra-putrinya,” jelas Ibnu sembari memamerkan batik ciprat hasil karya para siswa sekolahnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, mengenai guru pembimbing Program Seni Membatik di SMAN 3 Metro, pihaknya saat ini masih menghadirkan guru khusus dari Bandar Lampung, Izhar, yang didampingi oleh salah seorang dewan guru sekolah, Rahayu Budi Hadi.

“Mudah-mudahan guru kita yang saat ini sebagai pendamping k edepannya sudah bisa melatih anak-anak,” terangnya.

Kelompok PKWU SMA 3 Kota Metro untuk seni membatik dan pembuatan aneka keripik merupakan bantuan pemerintah pusat kepada sekolah yang ditunjuk dengan tujuan agar para siswa mampu mengembangkan wirausaha pada Dunia Usaha dan Industri (DUDI).

Dikatakannya, karena tidak semua lulusan SMA yang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurutnya ada yang terkendala dengan biaya ataupun tidak ada keinginan dari siswa itu sendiri. Untuk itu pemerintah pusat memberikan langkah positif dengan merujuk masing-masing SMA untuk mengembangkan perogram PKWU, salah satu nya SMAN 3 Kota Metro. (*/SP)

912 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Program PKWU SMAN 3 Metro

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan