SMK Al-Hikmah Kalirejo Tahan Ijazah Siswa Miskin

Ilustrasi. (net)

PRINGSEWU – POTRET buram pendidikan SMK Al Hikmah, hanya karena belum melunasi uang bangunan, yang berujung ijazah ditahan pihak sekolah dimana selama ini PW mengenyam pendidikan selama tiga tahun.

Akibat tersandung persoalan belum mampu melunasi uang sekolah (daftar ulang tahunan) yang terdiri uang praktek, uang bangunan serta uang ujian dengan jumlah kekurangan sekitar 3,5 juta seorang alumni SMK Al Hikmah Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) terpaksa gigit jari karena gagal mendapatkan Ijazah kelulusan.

Harapan satu-satunya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak pun akhirnya pupus sudah. Upaya untuk mendapatkan pekerjaan pun sudah berkali-kali dicoba namun berkali-kali juga lamaran pekerjaannya ditolak karena tidak terpenuhinya persyaratan yaitu ijazah kelulusan.

Saat ditemui dikediamannya, PW (20) yang merupakan alumni angkatan pertama SMK Al Hikmah Kalirejo (Lamteng) menceritakan kekecewaanya terhadap pihak sekolah karena tidak memberikan kelonggaran untuk bisa mendapat ijazah.

“Memang ada kekurangan dalam memenuhi kewajiban saya sebagai siswa, yaitu pembayaran uang sekolah yang jumlah totalnya sekitar 3,5 juta, namun yang saya sesalkan mengapa saat saya meminta fotocopynya juga ditolak, padahal saya sangat membutuhkan ijazah tersebut untuk melamar pekerjaan, yang nantinya hasil dari bekerja tersebut untuk melunasi kewajiban saya,” paparnya.

Menurut PW dirinya belum membayar kekurangan uang sekolah bukan tanpa alasan, dirinya yang merupakan anak dari petani penggarap sedangkan ibunya bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) belum memiliki cukup uang untuk melunasi kekurangan uang sekolahnya yang menurutnya terlalu besar.

“Karena bapak saya hanya petani penggarap dari segi ekonomi memang kurang mampu dan selama sekolah untuk dapat membayar uang bulanan sekolah saya bekerja paruh waktu, pada saat kelulusan saya dipanggil pihak sekolah dan diberi semacam rincian untuk segera dilunasi, jika tidak maka ijazah saya tidak akan diberikan, pihak sekolah sedikitpun tidak memberikan keringanan kepada saya, ketika saya meminta foto copy ijazah pun sekolah tidak mau memberikan, hal ini juga terjadi terhadap beberapa alumni yang lain,” ujarnya

Selain itu PW juga mengaku sudah berupaya mengirimkan surat aduan kepada Dinas Pendidikan Propinsi Lampung dengan harapan dapat memberikan jalan keluar agar dirinya segera mendapatkan ijazah, namun sampai hari ini belum juga mendapatkan balasan.

Kepala Sekolah SMK Al Hikmah H.  Muhsinun, SPd., MPd sampai berita ini diturunkan belum bisa dihubungi melalui sambungan selulernya, dan saat dikirim pesan melalui WhatsApp (WA)  pun tidak dibalas. (DN/NA)

804 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

SMK Al-Hikmah Kalirejo

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan