Soal Kesehatan Bupati Lampung Utara: KPK Minta Penasihat Hukum Jangan Lempar Opini

Soal Kesehatan Bupati Lampung Utara: KPK Minta Penasihat Hukum Jangan Lempar Opini

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri.

Bandar Lampung – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi respon terhadap kondisi kesehatan dari Bupati Lampung Utara non aktif Agung Ilmu Mangkunegara yang diungkap penasihat hukum. Menurut KPK, perihal kesehatan Agung Ilmu Mangkunegara yang disebut mengalami gangguan kejiwaan agar disampaikan di hadapan majelis hakim.

“Silahkan penasihat hukum sampaikan di persidangan, jangan melempar opini di luar sidang,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dihubungi Fajar Sumatera, Senin (17/2/2020).

Baca Juga:  OPINI - Novel Baswedan’s Case Must be Investigated To Prove The State Doesn’t Lose With Criminal Group Attacks

Ali Fikri menegaskan, KPK mempunyai keyakinan kuat setiap menangani perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Sehingganya, Agung Ilmu Mangkunegara dinilai secara tegas oleh KPK dapat menjalani persidangan dari awal sampai vonis dibacakan majelis hakim.

“KPK sampai saat ini tentu meyakini bahwa tersangka sehat jasmani dan rohani sehingga dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Ali Fikri.

Untuk diketahui, KPK menunjuk Taufiq Ibnugroho sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang akan membacakan dakwaan kepada Agung Ilmu Mangkunegara. Taufiq Ibnugroho ini sendiri pula yang mengantarkan Agung Ilmu Mangkunegara ke Rutan Kelas I A Bandar Lampung untuk dititipkan sementara selama proses penuntutan berlangsung di Pengadilan Negeri Tanjungkarang.

Baca Juga:  KPK Didesak Usut Kasus Chusnunia Chalim

Menurut Taufiq Ibnugroho, Agung Ilmu Mangkunegara dalam kondisi yang baik-baik saja sebelum dititipkan. Ia juga mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan dari pihak Rutan Kelas I A Bandar Lampung.

“Pak AIM (Agung Ilmu Mangkunegara) sebelum dititipkan ke Rutan Way Hui (Bandar Lampung) sudah diperiksa oleh pihak dokter dan dinyatakan hasilnya sehat. Demikian juga saat diperiksa pihak kesehatan Rutan Way Hui kondisinya juga sehat,” jelas Taufiq Ibnugroho.

Baca Juga:  KPK Amankan 7 Orang Terkait OTT Lampung Utara sampai Pagi ini

Taufiq menganggap kecemasan yang dialami Agung Ilmu Mangkunegara adalah hal yang wajar. “Setiap pihak yang sedang berhadapan dengan hukum kemudian mengalami kecemasan/kegelisahan itu merupakan hal yang wajar dan manusiawi,” tegasnya.

Dalam menyampaikan keterangan ini, baik Ali Fikri dan Taufiq Ibnugroho tidak membantah dan membenarkan tentang proses perawatan yang dijalani Agung Ilmu Mangkunegara di RSPAD Gatot Subroto sebanyak lima kali –seperti yang diakui oleh kuasa hukum Agung Ilmu Mangkunegara, Sopian Sitepu sebelumnya. (Ricardo)

Agung Ilmu Mangkunegara Kasus Korupsi Lampung Utara KPK

Posting Terkait