STNK Motor Baru Belum Bisa Diterbitkan

Foto: Ilustrasi/Ist

BANDARLAMPUNG -Hingga kini belum ada kejelasan terbitnya Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) bagi kendaraan bermotor baru baik roda dua maupun roda empat keluaran tahun 2019.  Alasannya, aturan baru berupa Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang Nilai Jual Kendaraan Bermotor belum diterbitkan.

Hal ini dikeluhkan warga yang membeli kendaraan bermotornya di tahun 2019. Salahsatunya Widya (31), warga Teluk Betung, Bandarlampung. Dia mengaku pembelian sepeda motornya dilakukan pada Januari 2019. Namun sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai STNK.

Baca Juga:  Dinas Perhubungan Tanggamus Segera Pasang Guardrile

“Belum keluar sampai sekarang. Informasinya menunggu aturan perubahan pajaknya gitu, ” kata dia, Jumat (5/4).

Karenanya wanita tersebut meminta Pemprov Lampung agar bisa menjemput bola mempertanyakan ke pemerintah pusat.  “Kalau alasannya aturan pusat, tentunya daerah bisa mempertanyakan bagaimana progresnya di pusat. Sebab, kalau STNK sudah terbit kita enggak was-was lagi mengendarai motornya, “ungkapnya.

Senada, Reki Navajo (36), Warga Kecamatan, Sukabumi, Bandarlampung juga mengeluhkan belum terbitnya STNK sepeda motor miliknya. Padahal, pembelian motornya sudah dari Februari 2019.

Baca Juga:  Dishub Gencarkan Promosi Uji KIR

“Seharusnya pemerintah memberi kepastian. Daerah juga harus bergerak dong, ” tandasnya.

Menurut dia, pemerintah sudah terlalu lama belum menerbitkan peraturan dimaksud. “Ini sudah bulan April. Mau sampai kapan? Kalau sampai setahun bagaimana? Orang mau bayar pajak juga toh. Itu juga kan buat penerimaan daerah, ” ucapnya.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung, A.Rozali meminta kepada masyarakat untuk bersabar. Pihaknya, lanjut dia sudah menyambangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama unsur Ditlantas Polda Lampung.

Baca Juga:  Dishub Gencarkan Promosi Uji KIR

“Waktu itu sudah kami tanyakan. Kata staf Ditjen Keuangan daerah sudah di meja pak Menteri. Sampai sekarang juga kami masih menunggu. Nah informasi terbaru katanya Jumat ini (5/4) terbit. Tapi saya belum mengetahui persisnya. Kalau ada informasi terbaru, langsung saya beritahukan, ” kata dia. (*)

Dishub Samsat STNL Motor

Posting Terkait