Sultan Keratuan Melinting Berikan Gelar Ratu Inten Kepada Chusnunia

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mendapatkan Gelar dari Sultan Keratuan Melinting dengan nama Ratu Inten. (Foto ist)

Gunung Pelindung – Pada Jum’at malam 21 April 2017, ada yang berbeda dengan suasana Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung. Suasa terang dan ramai disalah satu rumah warga ditambah begitu banyaknya kendaraan berjejer hampir disepanjang jalan menuju pusat lokasi, baik roda empat maupun roda dua yang menambah semarak suasana malam itu.Sudah hadir pada saat itu jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan jajaran personil Kepolisian Resort Lampung Timur yang menunggu kedatangan Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim dan Kapolres Lampung Timur, AKBP Harseno. Seketika keramaian pun pecah ketika kedatangan sosok yang ditunggu tunggu hadir dengan menggunakan kereta kencana menuju lokasi. Diiringi alunan musik tradisional Lampung dan suara petasan yang membahana diangkasa, Chusnunia dan Harseno pun diarak dengan diiringi jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan Polres Lampung Timur telah menunggunya.

Baca Juga:  Pilgub Lampung 2018, Akhirnya Nunik Takluk pada Arinal

Kemudian acara dilanjutkan dengan marhabanan yang dilakukan oleh para penyimbang adat dari Keratuan Melinting yang sekaligus sebagai salah satu sesi pembuka dalam rangkaian acara Seangkonan Muari antara Bupati Lampung Timur dan Kapolres Lampung Timur dengan Sultan Keratuan Melinting, Bapak Rizal Ismail, S.E., M.M. yang bergelar Sultan Ratu Idil Muhammad Tihang Igama IV.

“Keratuan Melinting merupakan keratuan yang manaungi tujuh desa antara lain, Desa Tebing, Desa Tanjung Aji, Desa Labuhan Maringgai, Desa Wana, Desa Pempen, Desa Negeri Agung dan Desa Nibung. Sedangkan Seangkonan Muari sendiri dapat dimaknai sebagai pengakuan persaudaraan yang dilakukan secara adat oleh marga tertentu terhadap seseorang yang berbeda atau diluar marga dimaksud”, tutur Arli Rasyid Kabag Humas Lampung Timur.

Pada acara Seangkonan Muari tersebut, Chusnunia diberikan gelar adat sebagai Ratu Inten sedangkan Harseno sebagai Pangeran Agung Ratu yang sekaligus hal itu sebagai penanda sebagai keluarga besar Keratuan Melinting.

Baca Juga:  Omong Kosong Jika Nunik Bicara Pelayanan Kesehatan. Ini Datanya!

Berbicara dihadapan para penyimbang adat dan masyarakat yang hadir, Rizal Ismail mengungkapkan bahwa Seangkonan Muari kali ini merupakan anugerah dan penghormatan yang luar biasa terhadap masyarakat Melinting. Karena menganggap Chusnunia selaku Bupati Lampung Timur mempunyai perhatian dan nilai lebih terhadap masyarakat adat, khususnya Melinting. Dan persaudaraan yang dilakukan kali ini adalah persaudaran antara Marga Melinting dengan bupati, tetapi bukan karena jabatan sebagai bupati melainkan karena jasa jasanya.

“Tidak pernah ada kejadian selama ini, menurut keterangan orang orang tua kita, bupati mau menari bersama kita, luar biasa,” tambah Rizal.

“Kemarin kami mengumpulkan penyimbang tujuh kampung. Karena tujuan dari pada ini, yang pertama adalah bagaimana kita memberikan gelar penghargaan kepada bupati atas jasa jasanya. Oleh karena itu maka syaratnya harus angkat saudara dahulu, baru boleh diberikan gelar. Jadi sebab daripada angkat saudara terhadap bupati ini, karena kita akan memberikan penghormatan kepada beliau,” ungkap Sultan Melinting tersebut.

Baca Juga:  Warga Raman Utara Minta Nunik Jadi ‘Bupati’ Saja

Dalam kata sambutannya, Buputi Chusnunia Chalim menyampaikan akan kebahagiaannya menjadi keluarga besar Marga Melinting. “Rasanya begitu senang, begitu bahagia, diberikan kesempatan, saya sebagai pribadi maupun sebagai bagian keluarga besar Jabung, menjadi keluarga, diangkat menjadi saudara.

Menjadi bagian keluarga besar Melinting ini menyatukan banyak keluarga. Dan semoga apa yang kita lakukan hari ini, atas izin Allah SWT, semoga kita yakini dan semoga kita harapkan, ini betul betul menjadi ikatan keluarga lahir batin, dunia akhirat tidak putus dan betul betul anak cucu kita akan menjadi keluarga yang diikat dalam keberkahan Allah SWT,” ungkap Chusnunia Chalim Bupati Lampung Timur . (RA)

Chusnunia Chalim Nunik Ratu Inten Sultan Keratuan Melinting

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan