Supermarket di Lampung Kelabui Konsumen

Pemprov Lampung menggelar sidak ke pusat perbelanjaan, Pemprov Lampung tak temukan makanan berbahaya namun ditemukan produk tak berlabel kadaluarsa.ist

BANDARLAMPUNG—Supermarket di Lampung ditengarai kerap mengelabui konsumen dengan menjual produk rawan kadaluarsa. Pasalnya banyak ditemukan produk yang dipajang tak menyertakan label kadaluarsa. Padahal label tanggal kadaluarsa pada suatu produk menjadi ukuran kualitas produk masih layak dikonsumi atau tidak.

“Kita menemukan ada produk yang tidak memiliki waktu kadaluarsanya,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis disela inspeksi mendadak ke pusat perbelanjaan Transmart dan Mal Boemi Kedaton (MBK) Bandarlampung, Senin (4/6).

Sidak tersebut digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan serta Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Lampung.

Hamartoni menuturkan, dari hasil inspeksi yang dilakukan, secara umum tidak ditemukan adanya makanan olahan yang mengandung zat terlarang. Namun pihaknya menemukan produk yang tak berlabel kadaluarsa tetap dijual. Pada tahap awal tak ada pemberian sanksi hanya sebatas teguran.

“Ada masukan untuk pihak manajemen agar menggunakan label expired (batas waktu),” kata dia.

Pihaknya menghimbau kepada produsen agar berhenti memproduksi makanan yang memberikan efek negatif bagi masyarakat. Hamartoni meminta kepada stakeholder terkait agar terus melakukan pembinaan.

“Bukan hanya masyarakat yang dihimbau tapi produsen juga. Sudah bukan waktunya lagilah mencari keuntungan dengan merugikan masyarakat. Jangan sampai masyarakat sudah beli, rugi pula,” tegasnya.

“Ini harus ada pembinaan secara berkala dan berkelanjutan dari waktu ke waktu, agar ada sinergitas dan kesamaan misi dalam melakukan transaksi,” pungkasnya.

Menanggapi masukan tersebut, pihak Store Management Transmart mengatakan, akan selalu berupaya memenuhi standar yang telah ditentukan.

“Pada dasarnya kita akan berupa memenuhi standar, baik itu standar yang ditetapkan pemerintah maupun dari pihak management sendiri. Soal kemasan itu kewenangannya ada di pusat,” kata salah seorang pegawai.(ZN)

sidak ke mbk sidak ke transmart lampung sidak supermarket di lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan