Survei BI: Serapan Tenaga Kerja Meningkat

Bank Indonesia. (net)

JAKARTA—Bank Indonesia (BI) melakukan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) kepada 3.200 perusahaan di Indonesia dengan nilai omzet Rp2,5 miliar per tahun. Hasilnya, kegiatan dunia usaha pada kuartal-I 2018 tumbuh 8,23%.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati menyatakan, kondisi ini seiring peningkatan serapan tenaga kerja di dunia usaha dibanding kuartal sebelumnya. Peningkatan ini tercermin pada membaiknya kontraksi Saldo Bersih Tertimbang (SBT) tenaga kerja dari -0,89% pada kuartal-IV 2017 yang menjadi -0,88% pada kuartal-I 2018.

Baca Juga:  DPR Usul Pertalite Dijual Seharga Premium

“Ada perbaikan tapi masih kontraksi. Perbaikan itu baru tercermin di triwulan II. Peningkatan akan terjadi lebih signifikan di triwulan itu,” ujar Yati, Kamis (12/4).

Dia menjelaskan, peningkatan serapan tenaga kerja didorong sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan dengan SBT 0,81%. Dimana, peningkatan tersebut seiring dengan peningkatan volume produksi.

Baca Juga:  Perdana, Dino Adventure Hadir di Kota Bandar Lampung!

Sementara di kuartal-II serapan tenaga kerja ditargetkan mencapai SBT 5,29%. Pada kuartal ini peningkatan tenaga kerja diperkirakan didorong sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan SBT 1,40%. Kemudian sektor jasa-jasa dengan SBT 1,36%, serta keuangan, real estate dan jasa perusahaan dengan SBT 1,31%.

“Peningkatan jumlah karyawan tersebut selain didorong oleh peningkatan penjualan juga disebabkan oleh perluasan usaha,” jelasnya.(*)

151 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Serapan Tenaga Kerja Meningkat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan